2 Cara Backup Kontak ke Google Paling Gampang

Indara Kurniawan

Cara backup kontak ke google

PlasaMsn.com – Menyimpan kontak tidak boleh sembarang karena berkaitan dengan data penting milik seseorang. Pengguna disarankan untuk mencadangkannya untuk mencegah kontak hilang atau terhapus. Cara backup kontak ke Google dapat dilakukan melalui layanan cloud.

Layanan tersebut memiliki storage besar, akses gratis hingga sistem keamanan mumpuni. Selain itu, proses backup bisa dilakukan otomatis dengan sinkronisasi akun Google. Berikut ini pembahasan selengkapnya tentang cara mencadangkan kontak ke Google:

Alasan Mengapa Harus Backup Kontak ke Google

Penting bagi pengguna untuk selalu mencadangkan file atau kontak untuk menghindari hal yang tidak inginkan. Pengguna bisa menyimpan backup di Google Drive maupun Contacts agar lebih gampang diakses.

Layanan berbasis cloud tersebut memiliki penyimpanan yang terbilang besar. Google Drive menyediakan storage berkapasitas maksimal 15 GB. Pengguna juga bisa memanfaatkan layanan berbayar Google One dengan kapasitas lebih besar sekitar 100 GB hingga 30 GB.

Pengguna pun dapat menyimpan data dengan keamanan terjamin. Hal tersebut karena layanan cloud didukung oleh sistem keamanan terbaik dan datanya akan tersimpan di pusat. Dengan begitu, pengguna bisa terhindar dari pencurian kontak maupun file penting lain.

Tidak hanya itu, layanan cloud sangat mudah diakses lewat email yang terhubung di perangkat ponsel maupun PC. Nantinya Contacts maupun Drive akan terintegrasi ke email aktif yang digunakan untuk backup data.

Pengguna tidak perlu login karena sudah otomatis masuk ke akun cloud. Jika kontak maupun file terhapus, pengguna tinggal mengakses cloud dan menyimpannya kembali ke ponsel.

Cara Backup Kontak ke Google

Mencadangkan kontak sangat penting dilakukan untuk mencegah nomor terhapus maupun kehilangan ponsel. Cara backup kontak ke Google ternyata dapat memanfaatkan layanan Contacts atau Drive. Berikut ini sejumlah cara yang dapat diterapkan untuk backup kontak:

1. Melalui Google Contacts

Pengguna dapat memanfaatkan Google Contacts untuk mencadangkan nomor di ponsel. Cara ini cukup efektif untuk menyimpan cadangan kontak jika hilang atau dibutuhkan sewaktu-waktu. Inilah langkah yang perlu diikuti untuk backup nomor via Contacts:

  • Langkah pertama, bukalah Google Contacts di ponsel terlebih dahulu.
  • Pengguna dapat memilih opsi satu atau beberapa kontak sekaligus yang ingin diekspor.
  • Kemudian, pilih opsi “Tindakan Lainnya” yang ada di bagian kiri atas, lalu tekan “Ekspor” untuk memulai prosesnya.
  • Jika ingin mencadangkan kontak di ponsel, pengguna bisa memilih opsi “CSV Google”.
  • Terakhir, tinggal tekan “Ekspor” untuk menyimpan file cadangan kontak ke ponsel.
  • Nantinya pengguna dapat membuka cadangan kontak apabila terhapus dan dibutuhkan kembali.

2. Menggunakan Google Drive

Selain berbagi file, Google Drive juga berguna untuk mencadangkan kontak lewat fitur berbagi. Pastinya pengguna membutuhkan koneksi internet yang baik agar prosesnya lancar. Berikut langkah backup kontak via Google Drive yang perlu diketahui, antara lain:

  • Pertama, pastikan ponsel terkoneksi dengan internet sebelum mencadangkan kontak.
  • Jika sudah terhubung, buka kontak di ponsel untuk melihat list yang disimpan. Pilih opsi “Share” untuk dicadangkan ke Google Drive.
  • Kemudian, pengguna dapat memilih list kontak yang ingin dibackup.
  • Selanjutnya, pilih akun Google Drive yang akan dihubungkan ke ponsel. Tekan “Simpan” untuk memulai proses backup kontak.
  • Terakhir, pengguna tinggal menunggu proses backup sampai selesai dilakukan.
  • Pengguna dapat mengakses kontak kembali jika dibutuhkan dengan login memakai akun Google yang sama.

Demikian pembahasan tentang cara backup kontak ke Google. Proses backup dapat diterapkan dengan mudah asalkan pengguna terhubung ke akun cloud. Pastikan pula untuk memperhatikan langkah backup supaya kontak berhasil di ekspor.

Bagikan: