Bagaimana Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android Yang Bermasalah?

Ahmad Sutardjo

cara memperbaiki jaringan internet di android

PlasaMsn.com – Pemilik smartphone Android memang banyak. Dengan mudah semua orang dapat melakukan perjalanan melalui dunia maya jika memiliki koneksi internet. Namun terkadang ada kendala dengan berinternet di Android. Berikut ini akan diulas cara memperbaiki jaringan internet di android.

Perangkat Android mungkin masih mengalami masalah dari waktu ke waktu. Tiba-tiba kehilangan koneksi jaringan internet yang sering terjadi. Berikut ini adalah  cara memperbaiki jaringan internet di Android yang bermasalah:

1. Aktifkan Mode Pesawat

Cara pertama bisa mencoba mengaktifkan mode pesawat saat koneksi internet mati tetapi masa aktif masih habis. Cobalah untuk aktifkan mode kemudian matikan sesaat agar paket data dari masing-masing provider refresh dan mengulang untuk mencari koneksi.

2. Reboot Ke Mode Pesawat

Selain cara pertama diatas, kini dapat melakukan booting ulang pada tablet atau smartphone Android  saat mode Pesawat masih aktif. Mode kemudian harus dimatikan. Metode populer dan efektif untuk memperbaiki koneksi internet Android  ini telah digunakan oleh banyak orang.

3. Atur Ulang APN

Seperti yang telah diketahui, agar dapat terus menggunakan Internet langsung di perangkat, setiap penyedia layanan harus menyediakan jenis APN yang berbeda di jaringan seluler. Saat pengaturan APN diubah, koneksi Internet ikut berubah juga dan bisa pula hilang. Untuk mengaktifkan kembali kemampuan ponsel Android  untuk bermain game, maka harus melakukan reset APN.

4. Masukkan APN secara manual

Jika sudah  masukkan APN secara manual,  tidak bisa mendapat kesempatan untuk mengatur dan  mengaktifkan koneksi jaringan internet  Android atau jika ada yang mengubah-ubah  hingga jaringan menjadi error.

Namun, fakta bahwa pengaturan masing-masing penyedia layanan Internet adalah unik harus dipertimbangkan. Langkah selanjutnya adalah menemukan pengaturan yang sesuai. Semua pelanggan bisa mendapatkan bantuan dengan menghubungi operator provider.

5. Pindah Jaringan Dengan Cara Manual

Sudah mencoba dengan cara yang disebutkan di atas tetapi masih mengalami masalah. Akibatnya, metode terakhir, yang melibatkan pengalihan jaringan secara manual, dapat dilakukan. Misalnya, jika berada dalam mode 4G LTE, pertama-tama alihkan sementara ke 3G atau 2G. Kembali ke mode 4G LTE jika sudah lama. Bukankah itu sederhana?

6. Keluarkan Kartu SIM

Melepas kartu SIM adalah solusi praktis untuk koneksi internet android yang bermasalah. Silakan coba dengan melepas kartu SIM terlebih dahulu dan mematikan ponsel Android.

Kartu SIM yang dilepas tadi dapat dibersihkan. Maka sebaiknya membersihkannya dengan ujung atau penghapus untuk membuat logam lebih berkilau untuk hasil yang lebih baik.

7. Ganti Operator Lain

Jika sejumlah pendekatan berbeda tidak membantu untuk mendapatkan koneksi internet yang  inginkan, cobalah  berpikir untuk beralih ke operator lain. Ini dapat digunakan sebagai tes untuk melihat apakah ada operator yang mengalami masalah.

Jika  ingin mengubah koneksi internet di ponsel Android, mungkin dapat mencoba menggunakan operator lain. Silakan coba matikan dengan operator lain jika mungkin ada kesalahan dengan penyedia tertentu.

8. Hubungi Call Center

Untuk menentukan apakah ini opsi penutupan, hubungi call center operator. Jika koneksi internet masih lambat, maka bisa mencoba menghubungi call center untuk menanyakannya.

Jika sudah mencoba segala cara dan koneksi internet masih terasa lemot, maka siap –siap menghubungi call center. Langkah ini mungkin menjadi solusi yang menarik jika ponsel sangat lambat.

Koneksi yang lambat tidak hanya disebabkan oleh ponsel Android yang bermasalah. Selain itu, ada kemungkinan masalah konektivitas atau sinyal jaringan. Jangan khawatir karena ada beberapa  cara memperbaiki jaringan internet di android yang bisa dicoba.

Bagikan: