Begini Cara Membuat Titik Lokasi di Google Maps, Dijamin Mudah

Siti Zulaikhah

cara membuat titik lokasi di google maps

PlasaMSN.com – Google Maps memiliki peran yang cukup penting terutama bagi kelangsungan sebuah bisnis dalam bentuk apapun. Lokasi bisnis dapat mudah ditemukan dengan cara membuat titik lokasi di Google Maps  dilengkapi dengan deskripsinya.

Bukan hanya tempat bisnis yang dapat dimasukkan titik lokasinya di Google Maps, rumah pribadi juga dapat dicantumkan agar mudah ditemukan. Orang yang akan berkunjung dapat menemukan lokasi rumah dengan mudah.

Selain lokasi yang dimasukkan titik lokasinya pada Google Maps dapat mudah ditemukan, hal ini juga dapat memperkaya Google Maps. Semakin banyak titik lokasi yang dicantumkan, Google Maps dapat lebih membantu penggunanya dalam menemukan suatu lokasi.

Manfaat Memasukkan Titik Lokasi pada Google Maps

Zaman sekarang teknologi memberikan kemudahan kepada manusia. Teknologi seperti Google Maps memudahkan seseorang untuk menemukan suatu lokasi. Lokasi akan lebih mudah ditemukan dengan bantuan Google Maps jika titik lokasinya ditambahkan pada Google Maps.

Titik lokasi yang ditambahkan pada Google Maps dengan nama dan deskripsi lengkap akan memberikan informasi pada pengguna Google Maps. Semakin banyak titik lokasi yang dimasukkan maka pengguna akan mendapatkan referensi tempat yang akan dikunjungi.

Bagaimana Cara Mencantumkan Titik Lokasi pada Google Maps?

Lokasi dapat ditemukan dengan mudah dengan deskripsi yang lengkap dengan cara membuat titik lokasi di Google Maps agar dapat ditemukan lengkap dengan deskripsinya. Membuat titik lokasi di Google Maps dapat dilakukan melalui PC maupun smartphone. Berikut penjelasannya:

1. Mencantumkan Titik Lokasi di Google Maps dengan Smartphone

Membuat lokasi mudah ditemukan di Google Maps dapat dilakukan secara langsung melalui smartphone dengan mudah. Berikut langkah membuat titik lokasi di Google Maps dengan bantuan Smartphone:

  • Buka Google Maps yang sudah terinstal di smartphone.
  • Pada halaman awal akan muncul pilihan menu di bagian bawah layar, pilih kontribusi.
  • Kemudian pilih tambahkan tempat.
  • Pengguna akan disajikan formulir yang harus diisi untuk melengkapi deskripsi tempat.
  • Isian yang harus diisi diantaranya nama tempat, kategori dan alamat tempat.
  • Deskripsi lain yang bisa diisikan diantaranya lokasi, jam buka, kontak, dan deskripsi lain yang dapat diberikan.
  • Setelah deskripsi dimasukkan, tambahkan foto lokasi agar lokasi lebih jelas.
  • Setelah semua selesai ditambahkan klik kirim.

Setelah itu Google akan melakukan peninjauan lokasi yang memerlukan waktu beberapa saat. Tunggu sampai proses peninjauan selesai. Setelah itu lokasi dapat ditemukan di Google Maps lengkap dengan deskripsi dan fotonya.

2. Membuat Titik Lokasi di Google Maps dengan PC

Selain menggunakan smartphone, membuat titik lokasi pada Google Maps juga dapat dilakukan menggunakan PC. Caranya hampir sama seperti membuat titik lokasi dengan smartphone, hanya berbeda pada langkah awalnya saja, simak langkahnya di bawah ini:

  • Buka situs google map dengan PC.
  • Klik garis tiga di bagian kiri layar
  • Pilih tambahkan tempat
  • Masukkan deskripsi yang harus diisikan pada kolom yang tersedia seperti nama, kategori, alamat dan lokasi.
  • Apabila titik pada maps belum tepat, pengguna dapat menggeser pin pada titik yang tepat.
  • Klik tambahkan detail lain untuk menambahkan deskripsi yang lebih lengkap seperti kontak foto dan lain-lain.
  • Setelah selesai menambahkan deskripsi dan melakukan klaim, klik kirim.
  • Tunggu beberapa saat hingga lokasi berhasil ditambahkan.

Selain menambahkan tempat, pengguna juga dapat memilih fitur tambahkan bisnis untuk titik lokasi yang memang digunakan untuk bisnis. Dengan begitu lokasi dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna Google Maps lainnya.

Nah, itu tadi cara membuat titik lokasi di Google Maps menggunakan smartphone maupun PC. Tunggu apa lagi, langsung coba memasukkan titik lokasi yang ingin dibagikan untuk dikunjungi dengan mudah.

Bagikan: