Begini Cara Mengaktifkan Google Translate Otomatis di Android dan Segudang Fiturnya

Ahmad Sutardjo

Cara mengaktifkan google translate otomatis di androi

PlasaMsn.comTranslate otomatis adalah fitur bermanfaat untuk perangkat yang lagi-lagi berhasil dirilis oleh Google. Translate ini akan berfungsi maksimal apabila cara mengaktifkan Google Translate otomatis di android dijalankan. Nantinya, pengguna akan merasakan manfaatnya.

Google Translate sendiri memiliki aplikasi yang bisa didapatkan dari ruang Play Store. Namun, tanpa mengunduh pun, pengguna masih bisa memakai mesin penerjemah otomatis ini untuk membantu banyak kebutuhan, khususnya komunikasi bahasa asing.

Cara Aktifkan Translate Google Otomatis

Menyadari pentingnya bantuan translate untuk sebagian besar pengguna android, maka marilah mengetahui bagaimana cara mengaktifkan fitur Google Translate jadi bisa dipakai otomatis. Untuk mengaktifkan Google Translate sendiri, silakan turuti saja langkah langkah ini:

  • Akses dahulu Google Chrome yang ada di ponsel. Apabila Google Chrome bukan aplikasi browser di ponsel pengguna, maka silakan aktifkan atau unduh Chrome terlebih dahulu.
  • Sekarang, pergi ke halaman pencarian.
  • Silakan tekan opsi Lainnya, atau sering diiklankan dengan tanda titik vertikal tiga buah di pojok kanan halaman bagian atas.
  • Silakan pergi ke menu Settings.
  • Klik menu yang bertuliskan Bahasa.
  • Terdapat beberapa menu di sana, salah satunya adalah menu Translate Otomatis atau Tawarkan Penerjemah Halaman. Silakan aktifkan mode tersebut menjadi aktif. Apabila mati, silakan geser bilahnya agar modenya jadi hidup.
  • Sekarang, coba cari sebuah artikel yang ditulis dalam bahasa selain Indonesia. Secara otomatis, halaman sudah akan diterjemahkan oleh Translate

Fitur Menguntungkan dari Google Translate

Seusai menjalankan cara mengaktifkan Google Translate Otomatis di android, maka secara otomatis pula pengguna akan mendapatkan beberapa fitur dari Google Translate. Fitur-fitur tersebutlah yang membantu pengguna mengerjakan tugas terjemahan halaman. Langsung saja, inilah fitur Translate yang bisa pengguna manfaatkan:

1. Terjemahan Teks

Bisa dibilang bahwa terjemahan teks merupakan fitur Translate yang paling mendasar. Konsepnya seperti biasa, yakni halaman yang diterjemahkan oleh Google Translate. Setiap halaman pastinya memiliki teks, tulisan tersebutlah yang diterjemahkan Google.

Pengguna juga bisa menyalin teks dari mana saja, kemudian menaruhnya di halaman Google Translate. Selanjutnya, tekan menu translate dan teks tersebut seluruhnya akan diterjemahkan.

2. Terjemahan Suara

Belum puas dengan terjemahan teks dan ingin mencoba mode baru? Translate juga memiliki fitur terjemahan suara. Fitur ini mendukung kemudahan yang lebih terlihat dibandingkan terjemahan teks.

Cara menggunakan fitur ini mudah saja. Pengguna bisa membuka website atau aplikasi Google Translate, kemudian berbicara di speaker menggunakan bahasa yang ingin diterjemahkan. Nantinya, Google Translate akan mendeteksi bahasa dan menerjemahkannya.

3. Terjemahan Kamera

Selain memiliki kedua fitur unggulan di atas, Google Translate juga bisa memakai fitur terjemahan kamera. Bisa dikatakan bahwa fitur ini benar-benar sebuah fitur yang sangat bagus dan berharga.

Pengguna tidak perlu lagi susah mengetik, menyalin, atau mengatakan bahasa yang ingin di-translate, terlebih jika bahasa tersebut sudah ditemukan dalam bentuk foto. Ringkasnya, pengguna bisa langsung menaruh foto tersebut di halaman translate dan Google Terjemahan akan mengerjakan sisanya.

4. Terjemahan Tulis

Terakhir, fitur terjemahan Google yang sama-sama canggih adalah terjemahan tulis. Sebenarnya, fitur ini hampir mirip seperti fitur yang dibahas pada poin pertama tadi, namun tetap ada bedanya. Fitur ini lebih didahulukan untuk menerjemahkan bahasa yang menggunakan aksara sendiri.

Contohnya adalah bahasa Korea, bahasa Jepang, atau Thailand yang memiliki aksara. Dengan mengetik aksaranya, pengguna bisa mendapatkan terjemahan dari tulisan tersebut dengan benar.

Selain fitur itu, terjemahan Google juga masih ada fitur-fitur lain, misalnya fitur terjemahan dokumen yang mirip dengan terjemahan tulisan dan teks.  Asal menjalankan cara mengaktifkan Google Translate otomatis di android, pengguna bisa mendapatkan semua keuntungan translate tersebut dengan mudah.

Bagikan: