Cara Membatalkan Langganan Google Play Lengkap dengan Pengembalian Dana

Ahmad Sutardjo

Cara membatalkan langganan google play

PlasaMsn.com – Cara membatalkan langganan Google Play ternyata sangat mudah untuk dilakukan ketika ingin menghentikan suatu langganan pada aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi memang tidak bisa dihentikan secara langsung sehingga perlu melalui Google Play sebagai media pembatalannya.

Informasi tentang langganan sebuah aplikasi Google bisa diakses melalui menu pengaturan yang tersedia. Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan agar langganan tersebut dibatalkan. Agar memahaminya, berikut cara-cara pembatalan langganan pada Google Play:

Tutorial Membatalkan Langganan di Google Play

Pernah berlangganan sebuah aplikasi namun jarang digunakan? Pelanggan bisa membatalkan langganan tersebut melalui Google Play. Cara untuk melakukannya pun mudah, bisa dilakukan melalui Android ataupun Komputer. Ingin tahu bagaimana tata caranya? Mari simak penjelasannya!

1.  Melakukan Pembatalan Langganan Google Melalui Android

Cara membatalkan langganan Google Play yang pertama yaitu melalui Android atau handphone. Langkah yang perlu dijalankan oleh pelanggan sangatlah mudah. Agar lebih memahami, yuk simak ulasannya berikut!

  • Buka aplikasi Google Play dari perangkat Handphone.
  • Setelah terbuka, tekan gambar profil di bagian atas tampilan layar.
  • Pilih menu Pembayaran & Langganan, lalu tekan opsi Langganan.
  • Jika sudah, akan muncul daftar aplikasi langganan apa saja yang dilakukan.
  • Pilih aplikasi yang ingin dibatalkan langganannya, kemudian tekan Batal.
  • Langganan pun berhasil dibatalkan.

2. Membatalkan Langganan Google Play Melalui Komputer atau Laptop

Selain melalui Handphone atau Android, membatalkan langganan Google Play juga bisa dilakukan melalui Laptop ataupun PC. Tidak terlalu berbeda ketika menggunakan ponsel, cara untuk membatalkan langganan di Google Play adalah sebagai berikut:

  • Buka halaman Google atau kunjungi myaccount.google.com, kemudian login ke akun Google yang ingin langganan aplikasinya dibatalkan.
  • Setelah berhasil masuk, pilih menu Pembayaran & Langganan, kemudian tekan opsi Kelola Langganan.
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin dibatalkan, tekan tombol Batalkan Langganan.
  • Akan muncul pemberitahuan apakah pelanggan yakin untuk membatalkan langganan, tekan Ok, dan langganan pun berhasil dibatalkan

Ketentuan Pembatalan Langganan pada Google Play

Saat membatalkan langganan suatu aplikasi di Google Play, layanan yang diberikan tidak lantas berhenti begitu saja. Hal tersebut tergantung pada kapan pengajuan pembatalan dilakukan. Jika pada pertengahan masa langganan, maka layanan akan nonaktif pada bulan berikutnya.

Pembatalan langganan biasanya dilakukan oleh pelanggan untuk menghindari perpanjangan secara otomatis. Sistem dari Google akan memperpanjang layanan tanpa konfirmasi terlebih dahulu sehingga biaya akan langsung dipotong dari alat pembayaran yang didaftarkan.

Apakah Bisa Berlangganan Kembali ketika Sudah Membatalkan Langganan?

Beberapa orang mungkin akan bertanya, apakah bisa berlangganan kembali ketika sudah membatalkannya? Jawabannya, bisa. Apabila masa berlaku langganan sudah habis, pelanggan dapat mengajukan kembali melalui aplikasi yang menyediakan langganan tersebut.

Namun jika ingin kembali berlangganan dan layanan masih dalam masa aktif, maka pengguna bisa memperbaharuinya lewat Google Play. Caranya dengan pergi ke menu Langganan, kemudian pilih aplikasi yang ingin dilanjutkan langganannya, dan tekan Berlangganan Lagi.

Proses Pengembalian Dana Langganan Google Play

Terkadang pengguna tidak sengaja untuk mengaktifkan langganan pada aplikasi, padahal tidak membutuhkannya. Pengguna tidak perlu khawatir karena hal tersebut bisa dibatalkan dan mengajukan pengembalian dana. Caranya pun mudah untuk dilakukan, yaitu melalui opsi Pengembalian Dana.

Google akan memproses pengajuan pengembalian dana atas transaksi kurang dari 48 jam. Pengguna bisa melakukan pelaporan dan menjelaskan apa yang terjadi, Apalagi jika pembayaran dilakukan bukan oleh pengguna. Keputusan dana akan diterima melalui Email paling lambat 4 hari kerja.

Itulah cara membatalkan langganan Google Play yang ternyata mudah untuk dilakukan. Pelanggan tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan aplikasinya karena pembatalan hanya dilakukan untuk layanannya saja, bukan pengoperasian aplikasi.

Bagikan: