Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Google Drive Dengan Mudah

Ahmad Sutardjo

cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di google drive

PlasaMSN.com – Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di Google Drive dapat dipulihkan kembali meskipun foto sudah terhapus secara permanen. Google Drive merupakan aplikasi bawaan di ponsel dan laptop yang mempunyai kapasitas penyimpanan hingga 15 GB.

Dengan ruang penyimpanan yang relatif besar ini dapat menyimpan berbagai jenis data mulai file, foto, video, dan lainnya. Google Drive ini juga langsung terkoneksi ke beberapa aplikasi seperti Kontak, WhatsApp Backup, Google Photos dan lainnya.

Dengan berbagai kelebihan ini membuat Google Drive digunakan oleh banyak orang dalam menyimpan dan membagikan file penting ke banyak orang. Dengan demikian Google Drive sangat efektif dalam membantu mengumpulkan tugas sekolah maupun pengerjaan pekerjaan.

Beberapa Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen di Google Drive

Dengan kapasitas penyimpanan hingga 15 GB ini tentu akan banyak foto, file, dan lainnya yang tersimpan di Google Drive. Banyaknya data yang tersimpan terkadang membuat beberapa foto penting tidak sengaja terhapus tanpa disadari.

Bila foto yang terhapus masih dalam kurun waktu tidak lebih dari 25 hari sejak terhapusnya foto, maka bisa dipulihkan kembali. Namun bila sudah melebihi 25 hari maka foto akan terhapus permanen, berikut cara memulihkannya.

1. Menggunakan Google Suite

Selain faktor ketidaksengajaan, menghapus foto juga dapat terjadi karena penghapusan oleh pihak lainnya yang juga memiliki izin mengakses foto tersebut. Cara mengembalikan foto terhapus permanen melalui Google Suite ini dapat dilakukan menggunakan akun admin.

Langkah pertama login ke Console Google Admin dengan akun admin, kemudian pilih aplikasi lalu Google Suit. Selanjutnya pilih Drive dan klik dokumen, klik tulisan Kelola Drive Bersama dan bisa langsung restore untuk pemulihan foto.

2. Menghubungi Admin Support di Google Drive

Bila menggunakan Google Suite masih belum berhasil, maka cara lainnya yaitu dengan menghubungi Admin Support yang sedang bertugas. Cara ini bisa melalui Google Drive saja, dengan klik menu Help & Feedback dan Pilih Contact Us.

Setelah itu secara otomatis Google menanyakan kendala yang dihadapi, bisa tulis Recover Deleted Files selanjutnya klik Next. Pada layar muncul beberapa pilihan kendala, pilih permanently deleted my file dan ikuti instruksi selanjutnya hingga proses selesai.

Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Google Drive Pada Perangkat Ponsel dan Laptop

Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di Google Drive bisa dilakukan dengan menghubungi admin support atau menggunakan Google Suite. Namun bila foto yang terhapus belum melebihi 25 hari bisa dipulihkan menggunakan Google Drive itu sendiri.

1. Ponsel

Untuk mengembalikan foto yang terhapus di Google Drive pada perangkat ponsel bisa dengan mengunjungi menu Sampah di dalam Google Drive. Dalam menu Sampah ini terdapat kumpulan foto yang terhapus, kemudian cari foto yang ingin dipulihkan.

Bila telah menemukan bisa langsung klik titik tiga di samping foto, dan klik tulisan Pulihkan. Maka otomatis foto akan hilang dari Sampah dan berpindah ke tempat semula.

2. Laptop atau Komputer

Pada perangkat laptop atau komputer bisa langsung membuka halaman Google Drive dengan login akun Gmail yang dimiliki. Lalu masuk menu Sampah, pilih foto yang ingin dipulihkan dan klik tulisan Restore From Trash, proses pemulihan selesai.

Demikian cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di Google Drive dengan memakai aplikasi bantuan khusus atau langsung menghubungi admin support. Dengan cara ini foto yang terhapus permanen bisa kembali meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Mengembalikan foto yang terhapus bisa langsung menggunakan Google Drive dengan catatan foto terhapus tidak lebih dari 25 hari. Cadangkan foto pada momen spesial ke Google Drive, selain aman Google Drive juga memiliki penyimpanan yang besar.

Bagikan: