Cara Mengukur Luas Tanah Dengan Google Maps Android Praktis dan Cepat

Indara Kurniawan

cara mengukur luas tanah dengan google maps android

PlasaMSN.com – Cara mengukur luas tanah dengan Google Maps android menjadi alternatif mudah mengetahui perkiraan luas tanpa perlu terjun langsung ke lapangan. Tentu sangat efektif dalam menghemat waktu, biaya serta tenaga, dan bisa dilakukan menggunakan ponsel android.

Google Maps memiliki banyak kelebihan seperti memperlihatkan tempat disekitar, diantaranya bangunan sekola, rumah makan, tempat wisata dan lainnya. Selain itu dengan Google Maps juga bisa mengetahui keadaan lalu lintas di jalan, sedang macet atau tidak.

Namun diantara banyaknya fitur menarik di Google Maps, ada satu fitur yang jarang orang tahu yaitu mengukur luas tanah. Hasil pengukuran ini tidak 100 persen akurat, fitur ini bisa digunakan untuk mengetahui perkiraannya saja.

Cara Mengukur Luas Tanah Dengan Google Maps Android Dengan Cepat dan Simple

Pengukuran di Google Maps bisa dilakukan menggunakan laptop maupun android saja, namun akan lebih jelas bila menggunakan laptop atau komputer. Berikut cara mengukur luas tanah atau bagunan di Google Maps dengan menggunakan perangkat android:

  • Buka halaman Google Maps di perangkat ponsel android yang dimiliki.
  • Pastikan GPS lokasi pada ponsel menyala dengan baik dan posisi titik berada di lokasi yang tepat.
  • Kemudian pilih lokasi yang ingin diukur luasnya baik berupa tanah maupun bangunan.
  • Setting maps dengan mode satelit sehingga akan terlihat jelas bangunan dan sekitarnya yang ingin diukur.
  • Untuk setting ke mode satelit klik jendela kecil di layar Google Maps, maka akan terbuka banyak pilihan mode, pilih yang satelit.
  • Mulai pengukuran dengan klik titik pada maps yang menjadi titik akhir pengukuran.
  • Pada layar maps akan muncul beberapa pilihan, klik tulisan Ukur.
  • Selanjutnya tambahkan titik pada maps yang akan mengelilingi tanah atau bangunan yang akan diukur luasnya.
  • Bila semua titik sudah menyambung sesuai tanah yang ingin diukur sudah tepat maka bisa langsung klik Selesai.
  • Maka otomatis Google Maps akan mengukur dan menampilkan hasil luas tanah atau bangunan tersebut.

Tips Mengukur Luas Tanah Yang Memiliki Banyak Belokan

Untuk mendapatkan hasil pengukuran tanah Google Maps yang tepat, maka perlu penyesuaian titik yang mengelilingi luas tanah di maps. Terlebih bila tanah yang akan diukur memiliki bentuk yang berbelok belok, tentu titik pengukurannya harus sesuai.

Mengatasi bentuk tanah yang berbelok belok maka bisa dengan menempatkan banyak titik titik yang berdekatan mengikuti bentuk dari tanah tersebut. Titik titik yang berdekatan ini saling menyambung sehingga hasil pengukuran lebih tepat.

Mengukur Luas Tanah Yang Tertutup Label Maupun Garis Jalan

Untuk mengatasi pengukuran tanah yang terhalangi oleh nama jalan, garis jalan, atau nama bagunan maka bisa diatasi dengan menonaktifkan label. Cara menonaktifkan label dengan klik garis tiga yang ada di pojok atas tampilan Google Maps.

Maka akan muncul beberapa pilihan, klik tulisan Label Aktif, tahan tekan tulisan tersebut hingga berubah menjadi Label Tidak Aktif. Dengan menonaktifkan label ini maka semua label seperti nama jalan, nama tempat dan lainnya akan hilang.

Demikian cara mengukur luas tanah dengan Google Maps android yang praktis dan cepat. Hasil pengukuran di Google Maps memang tidak 100 persen akurat, tetapi pengukuran ini bisa dijadikan perkiraan dalam mengetahui luas tanah.

Untuk dapat mengetahui secara real berapa luas tanah yang diukur maka bisa melakukan pengukuran langsung dengan terjun ke lapangan. Namun bila ingin mengetahui perkiraan luas tanah saja, bisa menggunakan Google Maps di ponsel android

Bagikan: