Ini Dia Cara Mengembalikan Google Authenticator Yang Terhapus

Indara Kurniawan

cara mengembalikan google authenticator yang terhapus

PlasaMsn.com – Sebagai salah satu software Google yang penting, apa ada cara mengembalikan Google Authenticator yang terhapus? Hal-hal tidak terduga itu mungkin saja terjadi, salah satunya terhapusnya akun Authenticator. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Tentu hal ini akan menimbulkan kebingungan sebab banyak password penting tersimpan di sana. Mari simak bersama, apakah ada hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan Google Authenticator yang hilang atau terhapus.

Mengenal Google Authenticator

Secara singkat, Google Authenticator merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh Google sendiri. Software ini memiliki fungsi sebagai pendukung keamanan akun dan ponsel penggunanya dalam tingkat tinggi.

Untuk mengakses keamanan, Google Authenticator mengembangkan sistem autentikasi dua langkah yang mana itu sangat cocok untuk menyimpan password berlapis. Umumnya, Google Authenticator digunakan untuk melindungi ponsel, akun penting, dan data-data yang ada di perangkat.

Cara Mengembalikan akun Google Authenticator apabila Terhapus

Sayangnya, begitu kode dan akses akun sudah hilang, maka tidak ada cara untuk mengembalikan akun seperti semula. Namun, meskipun cara mengembalikan Google Authenticator yang terhapus tidak ada, berikut ini ada beberapa alternatif yang bisa digunakan saat situasi tersebut terjadi, yaitu:

1. Hubungi Support Google

Seperti yang diketahui, Support Google merupakan fitur kembangan Google yang berfungsi untuk memberikan bantuan apa saja atas pertanyaan yang diajukan kepada Google. Fitur ini khususnya tentang bantuan sistem aplikasi kembangan Google.

Apabila akun terhapus, cobalah hubungi Support Google untuk meminta bantuannya secara jelas. Panduan yang diberikan oleh Google Support akan menuntun pengguna kepada langkah yang tepat.

2. Reset Akun Authenticator

Cara kedua yang rupanya patut dicoba adalah mereset Google Authenticator sendiri. Ketika penggunanya sudah putus asa tentang mengembalikan akun yang terhapus (dan tidak bisa dilakukan) maka cobalah untuk mereset akun.

Reset akun ini akan mengakibatkan data-data akun hilang sebenarnya. Akun akan kembali menjadi baru namun dengan menggunakan email yang sama.

3. Buat Akun Authenticator yang Baru

Cara yang terakhir ini masih sedikit berkaitan dengan poin sebelumnya. Oleh karena tidak ada cara mengembalikan akun Authenticator, maka pengguna harus mengulang kembali membuat akun Google Authenticator.

Data-data yang ada di dalam akun sudah pasti hilang, akun nantinya akan ditampilkan kembali menjadi baru selayaknya baru digunakan. Tidak ada cara lain untuk mengembalikannya, jadi pengguna harus merelakan akun tersebut hilang.

Langkah Pencegahan Kehilangan Akun Google Authenticator

Oleh karena langkah pengembalian akun yang terhapus tidak ada, maka pengguna sebaiknya ekstra hati-hati dalam menggunakannya. Sebisa mungkin simpan data serta password Authenticator agar bisa memulihkan kembali. Berikut ini adalah langkah pencegahan kehilangan akun yang bisa pengguna lakukan:

  • Screenshot data, merupakan langkah pencegahan utama yang bisa pengguna lakukan. Ketika baru akan menggunakan Google Authenticator ini, sebaiknya screenshot dahulu halaman yang memuat data penting misalnya kode dan Jadi, apabila suatu saat kemungkinan buruk terjadi, pengguna bisa kembali masuk ke akun Authenticator.
  • Lakukan pencadangan data, ini juga merupakan langkah yang banyak direkomendasikan oleh ahli. Masuklah ke halaman Authenticator kemudian pilih menu Expert Data. Nantinya, pencadangan akan disiapkan. Pencadangan data berfungsi untuk menyimpan data Authenticator. Nanti, apabila akun hilang, pengguna bisa membuat akun baru dan memasukkan data yang lama.

Sejauh ini, hanya itulah hal yang bisa dilakukan. Tidak ada cara mengembalikan Google Authenticator yang terhapus karena kesengajaan maupun tidak. Pengguna harus rela Authenticatornya hilang dan membuat satu yang baru.

Bagikan:

Tags