Inilah 4 Kegunaan Google Sites Yang Perlu Diketahui, Pasti Gratis!

Indara Kurniawan

kegunaan google sites

PlasaMsn.com – Google Sites merupakan satu di antara layanan dari Google yang memungkinkan pengguna untuk membuat situs professional secara gratis. Ada banyak sekali kegunaan Google Sites, misalnya untuk membangun portofolio, resume, dan menunjang e-Learning di bidang pendidikan.

Selain praktis, Google Sites juga terhubung dengan Google Workspace sehingga pengguna dapat melampirkan file dan informasi dari aplikasi Google lainnya. Berikut adalah kegunaan dan fungsi dari Google Sites untuk merancang beberapa jenis website yang menarik:

1. Pembuat Website Gratis dan Mudah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kegunaan utama dari Google Sites adalah untuk membuat website sederhana. Pengguna dapat langsung mulai membuat website lewat situs Google Sites dan tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga lain.

Tampilan dan menu juga dibuat sederhana agar pemula dapat memanfaatkan layanan ini dengan mudah. Semua data yang akan disimpan ke website juga akan otomatis dicadangkan ke Google Drive, jadi pengguna tak perlu melakukan back up manual.

2. Pembuat Portofolio dan Resume

Pembuatan portofolio dan resume bagi kandidat pencari kerja atau pekerja profesional merupakan contoh dari kegunaan Google Sites. Melalui layanan ini, pengguna dapat mendesain portofolio dan resume secara gratis dengan menambahkan profil, keahlian, pencapaian, dan seterusnya.

Ada banyak template yang dapat digunakan untuk mendesain resume dan portofolio, namun pengguna juga dapat mendesain sendiri sesuai keinginan pribadi. Pengguna cukup mengganti background, gaya tulisan, dan lain-lain sehingga resume dan portofolio bisa terlihat profesional.

3. Pembuat Website Pembelajaran

Semenjak pandemi covid-19, tak sedikit tenaga pengajar yang memanfaatkan Google Workspace untuk menunjang pembelajaran daring, termasuk Google Sites. Tenaga pengajar seringkali memanfaatkan Google Sites untuk membuat website pembelajaran yang berisi materi, pengumuman, tugas, dan lain-lain.

Google Sites memberi fitur akses dari segala perangkat sehingga murid bisa mengakses lewat smartphone maupun laptop. Dengan layanan ini, guru dapat memberi informasi seputar jadwal kelas, membagikan materi dan silabus, serta memantau pengumpulan tugas siswa dengan praktis.

4. Pembuat Website Klub atau Komunitas

Dengan Google Sites, komunitas atau klub yang dibangun bisa berpotensi meraih banyak rekognisi dan semakin eksis di kalangan umum. Dengan begitu, orang lain dengan hobi yang sama akan mudah menemukan dan menjadi bagian dari komunitas.

Pengguna dapat merancang website yang berisi informasi mengenai komunitas, foto dan video kegiatan klub, pencapaian anggota, dan sebagainya. Kemudian, publikasikan situs agar semua orang dapat mengakses dan mendapatkan informasi seputar klub atau komunitas yang dibangun.

5. Pembuat Situs Profil Perusahaan

Google Sites juga dapat membantu membuat situs profil perusahaan, khususnya perusahaan yang baru saja dirintis. Dengan fitur berbagi, pengguna dapat berkolaborasi dengan rekan kerja yang lain dalam pengembangan website dan memantau penyuntingan secara real time.

Di Google Sites, tersedia pula berbagai template yang bisa dipilih dan dikustomisasi untuk membuat website perusahaan. Pengguna tinggal melakukan penyuntingan dengan menambahkan informasi seputar perusahaan, kontak perusahaan seperti email dan nomor telepon, lokasi, dan lain-lain.

Kemudian, situs perusahaan biasanya akan lebih mudah ditemukan melalui mesin pencarian Google karena dirancang menggunakan Google Sites. Situs akan menempati tampilan teratas sehingga membantu perusahaan untuk membangun branding, yang pastinya juga harus dibarengi dengan melakukan promosi.

Itulah beberapa kegunaan Google Sites untuk membantu pekerjaan dan mendukung promosi individu maupun tim. Dengan demikian, Google Sites adalah layanan yang cocok bagi pemula untuk membuat website tanpa perlu mempelajari bahasa pemrograman.

 

Bagikan: