Inilah Alasan dan Solusi Pekerjaan Tidak Terkirim Di Google Classroom dengan Mudah

Elvin Mustika

pekerjaan tidak terkirim di google classroom

PlasaMSN.com – Bagi sebagian atau beberapa orang mungkin akan mengalami pekerjaan tidak terkirim di Google Classroom. Hal tersebut kadang membuat panik dan bingung jika gagal mengirim pekerjaan ke Google Classroom tersebut.

Banyak alasan yang menjadi faktor penyebab kejadian demikian. Dan tentu saja juga ada solusi untuk menyelesaikan kendala gagal mengirim tugas. Berikut ini ulasan terkait kendala seperti di atas yakni pekerjaan gagal terkirim di google classroom:

Alasan Pekerjaan Tidak Bisa Terkirim

Perlu diketahui ada banyak alasan yang menyebabkan pekerjaan atau tugas tidak bisa dikirim. Simak penjelasan alasan tugas susah dikirim berikut ini:

1. Koneksi Internet Tidak Bagus

Pertama pengguna harus memastikan terlebih dahulu jaringan internet aman dan stabil. Apabila koneksi internet jelek atau buruk maka biasanya akan gagal saat mengirim pekerjaan ke Google classroom.

Pengguna harus selalu mengecek keadaan jaringan internet. Apabila jaringan kurang bagus maka bisa menunda terlebih dahulu mengirim pekerjaan ke Google classroom. Tunggu hingga jaringan koneksi kembali stabil dan lancar.

2. Terjadi Overload

Penyebab kedua pekerjaan tidak terkirim di google classroom bisa karena overload pada google classroom. Hal demikian sering terjadi pada saat pengiriman. Sebab tidak hanya satu orang saja yang mengirim pekerjaan.

Apabila semua mengirim pekerjaan secara bersama dan dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan maka akan terjadi overload. Sehingga perlu menunggu sebentar agar pekerjaan bisa dikirim.

3. Format File Kurang Mendukung

Selanjutnya ada faktor penyebab yang sering tidak disadari oleh pengirim tugas. Format file pekerjaan tidak sesuai dengan format yang sudah ditentukan pada Google classroom. Sehingga perlu ketelitian pada format file yang ditentukan.

4. Pekerjaan Melewati Batas Waktu

Ada faktor penyebab berikutnya karena batas waktu mengumpulkan pekerjaan sudah terlambat atau lewat. Sebaiknya mengirim tugas atau pekerjaan sebelum batas waktu habis agar bisa terkirim ke Google classroom.

Solusi Pekerjaan Bisa Terkirim

Untuk menyelesaikan beberapa faktor penyebab di atas maka akan dibahas solusi yang bisa dipakai. Simak beberapa solusi mengatasi tugas tidak bisa dikirim di bawah ini:

1. Pastikan Internet Lancar

Solusi pertama yang bisa dilakukan adalah memastikan terlebih dahulu koneksi internet. Apabila koneksi bagus maka bisa mengirim pekerjaan dengan lancar. Namun, apabila koneksi internet buruk maka kemungkinan tugas gagal dikirim.

Banyak yang kurang memperhatikan solusi ini. Padahal banyak yang mengalami kejadian internet buruk sehingga tidak bisa mengirim pekerjaan ke Google classroom. Pengguna juga bisa menggunakan koneksi WiFi apabila memungkinkan.

2. Menunggu Google Classroom Stabil

Selanjutnya pengguna bisa menunggu hingga keadaan Google classroom kembali normal. Sebab apabila dipaksa untuk terus menerus mengirim tugas akan berdampak pada overload penggunaan.

Pengguna bisa menggunakan jam tertentu untuk mengirim pekerjaan. Hindari mengirim pekerjaan di waktu yang kemungkinan banyak pengguna yang mengirim pekerjaan juga. Hal tersebut untuk menghindari overload google classroom.

3. Mengubah Format File

Terakhir pengguna bisa mengubah format file sesuai dengan yang diminta. Sebab banyak yang kurang teliti pada jenis file yang digunakan. Banyak sekali yang mengalami kejadian serupa dan sudah menjadi kejadian yang umum terjadi.

Sebaiknya mengecek kembali format dan apabila belum sesuai bisa mengganti terlebih dahulu. Cara mengganti format file juga mudah dan cepat dilakukan. Sehingga tidak perlu khawatir file tidak bisa diganti. Setelah file sesuai bisa kirim kembali.

Itulah beberapa penjelasan terkait pekerjaan tidak terkirim di Google Classroom. Setelah mengetahui alasan dan solusi di atas bisa diterapkan saat mengalami masalah tersebut.  Tidak perlu galau dan pusing saat gagal mengirim tugas ke Google classroom.

 

Bagikan: