Kegunaan Google Drive yang Wajib Diketahui

Ahmad Sutardjo

kegunaan google drive

PlasaMSN.com – Google Drive hanya sebagai penyimpanan? Tidak hanya itu saja, ada kegunaan Google Drive yang lain yang belum disadari banyak orang. Apa sebenarnya Google Drive itu dan apa saja kegunaannya? Mari simak ulasannya:

Google Drive, Apa Itu?

Google Drive sangat membantu dalam pengelolaan suatu pekerjaan dan pengelolaan data. Sangat memudahkan dalam pekerjaan, maka dari itu banyak yang menggunakan Google Drive dalam pekerjaan maupun bisnis seseorang. Tetapi apakah tahu sebenarnya Google Drive itu apa?

Google Drive yaitu sebuah aplikasi keluaran dari Google yang berbasis online. Aplikasi ini mampu memudahkan dalam penyimpanan file dan folder besar dengan sistem keamanan yang baik. Untuk mengaksesnya juga jangkauan luas, bisa akses melalui laptop, Android, maupun iOS.

Kapasitas penyimpanannya juga besar, untuk yang versi gratis saja diberikan kapasitas sebesar 15GB. Kapasitas itu bisa ditambah lagi yang tentunya akan dikenakan biaya sesuai nominal berapa kapasitas yang diambil. Simpel, mudah, dan praktis, itulah Google Drive.

Kegunaan dari Penggunaan Google Drive

Setelah tadi mengetahui seputar Google Drive, kini membahas kegunaan Google Drive yang perlu diketahui lebih dekat lagi. Ada banyak kegunaannya yang bisa dimanfaatkan baik dalam pekerjaan dan juga bisnis. Kira-kira apa saja kegunaannya? Mari simak penjelasannya:

1. Sebagai Tempat BackUp File

Kegunaan pertama yang menjadikan banyak suka menggunakan Google Drive adalah kapasitas memorinya yang besar, sekitar 15GB. Bisa menyimpan film yang telah di download, sehingga jika file film terhapus di folder laptop, bisa diambil lagi hasil salinan di Google Drive.

Tidak hanya sampai disitu saja. File yang sudah berada di Google Drive tersebut juga bisa dibagikan secara umum atau kepada orang-orang tertentu. Mengundang, bahkan bisa memberikan komentar. Satu hal lagi juga bisa melakukan kolaborasi secara online untuk membuat dokumen.

2. Sebagai Tempat Edit Suatu File

Kegunaan Google Drive berikutnya adalah sebagai tempat edit file. Semakin canggihnya teknologi, maka semakin cerdasnya suatu teknologi tersebut. Salah satunya Google Drive. Tidak hanya sekedar penyimpanan file atau dokumen penting tetapi juga bisa untuk edit file.

Beberapa orang menggunakan Google Drive untuk membuat soal ujian, lalu diedit yang sudah ada langsung kunci jawabannya. Dan ketika ujian telah terlaksana, peserta ujian bisa mengecek langsung hasilnya. Google Drive banyak digunakan oleh para pendidik.

3. Penyimpanan dan Berbagi Suatu File

Satu hal lagi keunggulan yang dimiliki Google Drive yaitu sebagai penyimpanan sekaligus berbagi file. Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwasanya Google Drive tidak hanya untuk penyimpanan tetapi juga sebagai berbagi file.

4. Sebagai BackUp Berkas Chat WhatsApp

Selanjutnya kegunaan Google Drive adalah sebagai wadah untuk backup berkas chat WhatsApp. Aplikasi WhatsApp memiliki fitur unik yaitu akan mencadangkan segala isi chat secara otomatis. Maka dari itu WhatsApp akan meminta E-Mail aktif untuk hal tersebut.

5. Penyimpanan Suatu Link

Ingin membaca artikel atau file penting tetapi belum sempat membaca atau menyalinnya? Tenang tidak perlu khawatir karena Google Drive memiliki kapasitas unik untuk penyimpanan link juga. Ini adalah salah satu keunggulan yang dimiliki Google Drive.

Cara penyimpanan linknya cukup simpel hanya perlu aktifkan atau buka Google Drive ke Google Chrome atau Mozilla. Lalu jika ada link yang ingin disimpan, silakan klik ikon bintang pada samping websitenya. Maka akan tersimpan secara otomatis di bookmark.

Demikian, itulah tadi beberapa hal penting mengenai kegunaan Google Drive yang perlu untuk diketahui. Kini sudah mengetahuinya bahwa ada banyak kegunaan yang tersimpan Google Drive. Jadi, manfaatkan fitur yang telah disediakan oleh Google Drive selain tempat penyimpanan.

Bagikan: