Kenapa Google Play Store Terhenti, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Elvin Mustika

kenapa google play store terhenti

PlasaMsn.com – Kenapa Google Play Store terhenti? Pertanyaan ini seringkali dipertanyakan ketika layanan atau aplikasi Google Play tiba-tiba berhenti. Hal ini bisa saja terjadi akibat sistem aplikasi yang error atau karena penyebab lain.

Bila baru pertama kali mengalami, tentu akan bingung apa yang menjadi penyebab kendala tersebut. Untuk itu, berikut akan dijelaskan apa yang menjadi penyebab aplikasi Google Play terhenti lengkap dengan cara mengatasinya. Yuk, mari disimak!

Penyebab Aplikasi Google Play Terhenti

Google Play Store merupakan sebuah aplikasi yang menjadi pusat untuk memasang aplikasi lainnya pada Android. Lantas, kenapa Google Play Store terhenti secara tiba-tiba? Kondisi ini bisa disebabkan akibat berbagai hal, diantaranya sebagai berikut:

1. Cache Aplikasi yang Terlalu Penuh

Cache merupakan berkas atau ruang penyimpanan sementara atas data yang pernah dibuka agar mempercepat proses loading ketika membukanya kembali. Penyimpanan ini bisa saja penuh bila tidak dibersihkan secara berkala dan membuat aplikasi berhenti tiba-tiba.

Hal tersebut juga bisa terjadi pada Google Play Store yang pasti sering digunakan ketika mencari aplikasi pendukung bagi Android atau permainan. Semakin sering mengakses aplikasi ini, tentunya akan membuat cache yang timbul semakin banyak.

2. Aplikasi Google Play yang tidak Update atau Kadaluarsa

Kendala aplikasi yang terhenti bisa juga diakibatkan oleh versi yang terlalu lampau, kadaluarsa, dan belum diperbaharui. Sistem sebuah aplikasi akan terus terbaharui agar mengikuti kebutuhan pengguna dan mempermudah proses kerja aplikasi tersebut.

Bila sebuah Google Play Store tidak pernah diperbaharui, dapat menyebabkan sistem aplikasi tersebut error sehingga tidak bisa diakses atau tiba-tiba terhenti. Kegagalan sistem tersebut bisa juga terjadi akibat proses pembaharuan yang gagal dan tidak sempurna.

3. Ruang Penyimpanan Internal Handphone Penuh

Selain Cache, ruang penyimpanan Internal yang penuh juga bisa membuat Google Play Store menjadi terhenti ketika akan atau sedang dibuka. Mengakses sebuah aplikasi akan menimbulkan penyimpanan sementara pada ruang penyimpanan handphone.

Handphone yang terlalu berat dan penuh ruang penyimpanannya akan mempengaruhi performa dari aplikasi yang terpasang disana. Tidak hanya Google Play Store, penyimpanan penuh tersebut juga bisa mempengaruhi performa aplikasi lainnya.

Cara Mengatasi Aplikasi Google Play yang Berhenti

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari Google Play Store yang terhenti, pemilik handphone tentu perlu mengetahui cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berdasarkan penyebab yang ada, beberapa hal bisa dilakukan agar aplikasi berjalan dengan baik, diantaranya:

  • Melakukan pembaharuan secara berkala. Bila pemilik khawatir terlupa ketika ada update atau pembaharuan terhadap Google Play Store, bisa mengaktifkan fitur Perbarui Otomatis yang tersedia pada pengaturan Handphone.
  • Rajin membersihkan cache. Penyimpanan data sementara tersebut bisa membuat performa sebuah aplikasi menurun, sehingga pemilik perangkat perlu melakukan pembersihan Cache secara berkala.
  • Melakukan pemasangan ulang. Ketika Google Play Store tetap tidak bisa berjalan dengan semestinya dan tetap berhenti mendadak, pengguna bisa melakukan pencopotan dan memasangnya kembali untuk mengembalikan setelan awal aplikasi.
  • Menghapus data google Play Store. Selain Cache, pengguna bisa melakukan penghapusan data aplikasi bila terjadi kendala seperti tiba-tiba terhenti. Hal tersebut akan membuat aplikasi kembali ke setelan awal dan akan melakukan update ke versi terbaru.
  • Melakukan factory reset. Terkadang, permasalahan aplikasi yang terhenti bisa terjadi akibat error yang tidak diketahui. Bila hal ini terjadi, cara terakhir yang paling ampuh untuk mengembalikan fungsinya adalah dengan melakukan Factory Reset yaitu mengembalikan seluruh data seperti awal.

Itulah jawaban kenapa Google Play Store terhenti dan cara untuk mengatasinya. Sebuah aplikasi sangat mungkin untuk terjadi error sehingga tidak bisa digunakan. Maka dari itu, pemilik perlu selalu memastikan aplikasi dalam versi terbaru dan kapasitas ruang penyimpanan tersedia.

Bagikan: