Keren! Inilah Fungsi Google Classroom Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar

Indara Kurniawan

Fungsi google classroom

PlasaMSN.com – Sebagai media pembelajaran online, fungsi Google Classroom sangat banyak membantu guru dan murid dalam menyampaikan serta mendapatkan pelajaran dengan mudah meski tanpa harus bertemu langsung. Ada banyak kemudahan yang akan didapatkan dengan menggunakan Google Classroom.

Google Classroom juga didukung oleh fitur-fitur yang cukup canggih. Bahkan pengguna dapat tersambung ke layanan Google lainnya. Nah untuk mengetahui apa saja fungsi, fitur-fitur, hingga keunggulannya simak terus penjelasan di bawah ini:

Fungsi Utama Google Classroom

Banyak dari para pengguna yang belum mengetahui apa fungsi Google Classroom yang sebenarnya. Apabila tidak mengetahui fungsinya maka Google Classroom tidak dapat digunakan secara maksimal. Berikut ini merupakan fungsi utama Google Classroom yang harus diketahui:

1. Bagi Pengajar

Layanan Google Classroom sangat membantu para pengajar dalam manajemen kelas terutama ketika pengajar dan murid tidak dapat bertatap muka. Adapun fungsi Classroom bagi pengajar adalah sebagai berikut:

  • Membuat pertemuan secara online dengan para murid.
  • Memberikan materi, tugas hingga penilaian secara online.
  • Menjelaskan pelajaran secara online.
  • Memberikan pengumuman baik kepada murid maupun wali murid.
  • Mengevaluasi kelas hingga melakukan rapat online dengan wali murid dan masih banyak fungsi lainnya.

2. Bagi Murid

Google Classroom juga tentu memiliki banyak fungsi bagi para murid. Adapun fungsi Google Classroom bagi murid yaitu:

  • Sebagai ruang untuk mengikuti kelas dan pembelajaran secara online.
  • Sebagai media untuk mengirimkan tugas kepada guru.
  • Menjadi media untuk mempresentasikan tugas kepada guru dan teman kelas lainnya dan lain sebagainya.

3. Bagi Wali Murid

Tak banyak yang tahu ternyata Google Classroom juga sangat bermanfaat bagi wali murid. Diantara fungsi utama Google Classroom bagi wali yaitu:

  • Untuk melihat hasil evaluasi belajar anak.
  • Sebagai media untuk berkomunikasi secara online dengan guru.
  • Mendapat pengumuman dari guru dan masih banyak lagi.

Keunggulan Menggunakan Google Classroom

Melakukan kegiatan belajar dan mengajar menggunakan Google Classroom memiliki berbagai keunggulan dibanding dengan melakukan proses belajar mengajar secara offline. Diantara keunggulan menggunakan media Google Classroom saat proses belajar mengajar yaitu:

  • Dengan menggunakan Google Classroom pengajar dan murid tidak harus jauh-jauh datang ke sekolah. Sehingga melakukan proses belajar mengajar menggunakan Google Classroom dinilai lebih efisien dan juga hemat biaya.
  • Menggunakan Google Classroom juga dapat meningkatkan komunikasi serta kerjasama yang aktif antar murid. Karena disini murid akan diberi kesempatan untuk saling berdiskusi.
  • Penyimpanan data saat menggunakan Google Classroom menjadi terpusat di satu tempat saja. Yang mana data ini nantinya dapat diakses dengan mudah oleh seluruh anggota kelas.

Fitur-fitur Unggulan Google Classroom

Fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Google Classroom memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna terutama untuk proses belajar dan mengajar. Penasaran apa saja fitur-fitur canggihnya? Simak penjelasan berikut:

1. Fitur Assignments

Fitur utama yang dimiliki oleh Google Classroom yaitu fitur tugas. Dalam fitur ini pengajar dapat memberikan file tugas yang nantinya setiap murid dapat mendownload serta mengedit sendiri tugas yang diberikan yang kemudian akan dikirim kembali untuk dinilai.

2. Fitur Grading

Fitur yang tak kalah penting yaitu fitur penilaian. Sistem penilaian Google Classroom sendiri sangat bervariasi dan dapat disesuaikan. Fitur ini sangat memudahkan pengajar dalam memantau perkembangan setiap siswa.

3. Fitur Arsip Pembelajaran

Setiap pembelajaran yang dilakukan melalui Google Classroom sendiri dapat diarsipkan. Pengajar dapat mengaturnya setiap semester dengan begitu pelajaran per semester nya tidak akan bercampur.

4. Fitur Seluler

Fitur ini dikembangkan untuk memudahkan pengguna saat melampirkan berbagai file pendukung dari aplikasi lain. Seperti foto hingga scan dan lain sebagainya.

Nah demikianlah penjelasan mengenai fitur, keunggulan serta fungsi Google Classroom dalam menunjang kegiatan belajar dan mengajar agar menjadi lebih efisien. Penjelasan di atas perlu dipahami oleh setiap pengguna agar Google Classroom sendiri dapat digunakan secara maksimal.

Bagikan: