Ketahui Cara Memperbarui Layanan Google Play dengan Mudah

Indara Kurniawan

cara memperbarui layanan google play

PlasaMsn.com – Mengetahui cara memperbarui layanan Google Play menjadi hal yang perlu untuk menjaga performa dari aplikasi tersebut. Bagi sebagian orang mungkin jarang yang melakukan pembaruan atas layanan Google satu ini sehingga tidak tahu bagaimana cara memperbaruinya.

Walau Google Play merupakan fitur bawaan dari sistem Android, tetapi memperbarui ke versi terbaru tetap perlu dilakukan. Kira-kira, bagaimana cara untuk pembaruannya? Berikut akan diulas beberapa hal yang dapat dilakukan. Yuk, Mari disimak!

Tutorial Pembaruan Google Play

Untuk memperbarui layanan Google Play ternyata sangat mudah dilakukan. Sebagai aplikasi yang menyediakan pembaruan aplikasi lain, tentu pemilik akan bingung bagaimana untuk memperbarui aplikasi sumbernya. Maka dari itu, berikut akan dibahas tata caranya. Yuk, simak informasinya!

1. Memperbarui Melalui Pengaturan Handphone

Cara memperbarui layanan Google Play yang pertama yaitu dengan melakukan pembaruan otomatis. Mode otomatis ini bisa diaktifkan melalui setelan Handphone Android yang digunakan dan pemilik tidak akan repot untuk melakukan update berkala. Adapun tutorialnya yaitu:

  • Masuk ke dalam menu Setelan atau Pengaturan Handphone.
  • Kemudian pilih opsi Tentang Ponsel, dan pilih menu Pembaruan atau Update.
  • Jika sudah, tekan Pengaturan Unduhan, kemudian nyalakan tombol Otomatis Unduh.
  • Pembaruan layanan Google Play akan terjadi otomatis saat ada versi terbaru.

2. Mengaktifkan Pembaruan Otomatis Lewat Google Play

Selain melalui pengaturan Handphone, memperbarui layanan Google Play juga bisa dilakukan melalui pengaturan aplikasi tersebut. Sama dengan cara sebelumnya, untuk memperbarui layanan bisa dengan mengaktifkan pembaruan otomatis. Berikut tutorial-nya:

  • Pergi ke aplikasi Google Play Store, kemudian tekan gambar profil di atas sebelah kanan.
  • Pilih menu setelan, kemudian tekan opsi Preferensi Jaringan.
  • Jika sudah, tekan Update Otomatis Aplikasi.
  • Pengguna akan diberikan pilihan jaringan untuk nantinya digunakan saat pengunduhan otomatis, apakah ingin menggunakan WiFi saja, jaringan seluler, atau keduanya.
  • Apabila telah memilih jaringan, selanjutnya proses update akan terjadi secara otomatis ketika versi terbaru dari Google Play tersedia.

3. Memanfaatkan Website APK Pure

Selain menggunakan pembaruan otomatis, melakukan update pada aplikasi Google Play juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan web APK Pure. Website ini sudah terkenal sebagai penyedia aplikasi bagi berbagai perangkat. Lantas, bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

  • Kunjungi web APK Pure melalui browser yang terpasang pada handphone.
  • Selanjutnya, lakukan pencarian pada kolom yang disediakan dengan mengetik Google Play Service atau Layanan Google Play.
  • Nantinya akan muncul daftar aplikasi yang sesuai dengan kata kunci tersebut.
  • Kemudian, pilih aplikasi yang dimaksud, kemudian tekan Unduh APK.
  • Akan muncul peringatan tentang aplikasi dari sumber lain, tekan OK.
  • Tunggu hingga proses pengunduhan selesai, dan aplikasi yang terbaru akan otomatis menimpa aplikasi Google Play yang sebelumnya sudah terpasang.

Mengapa Perlu Melakukan Pembaruan pada Google Play?

Mungkin beberapa ada yang bertanya-tanya, mengapa perlu melakukan pembaruan pada aplikasi ini dan apa pentingnya? Seperti aplikasi lainnya, Google Play memiliki berbagai fitur dan layanan yang dapat membantu pemilik Android dalam menggunakan perangkatnya.

Selain itu, hadirnya layanan ini juga mendukung aplikasi lain untuk dapat beroperasi dengan baik. Bila tidak melakukan update atau pembaruan pada aplikasi ini, beberapa kendala bisa saja terjadi, seperti aplikasi yang terhenti mendadak atau bahkan tidak bisa dioperasikan.

Itulah cara memperbarui layanan Google Play dengan mudah. Layanan bawaan dari Google ini berfungsi untuk memperbarui layanan atau aplikasi lainnya dari Android. Sehingga bila tidak diperbarui dan mengalami masalah, kinerja aplikasi lain juga akan terpengaruhi.

 

Bagikan: