Ketahui Syarat dan Cara Pemulihan Akun Google yang Terhapus Permanen

Indara Kurniawan

Bingung bagaimana melakukan pemulihan akun Google yang terhapus permanen seperti apa? Mungkin tidak sengaja menghapus akun Google atau salah menghapus akun Google. Seperti yang diketahui, akun Google saat ini penting untuk dimiliki semua orang.

Dengan menggunakan akun Google, maka pengguna dapat mengakses beberapa aplikasi dengan mudah hingga kepentingan lainnya. Lantas bagaimanakah cara untuk memulihkannya bila sudah terhapus?

Syarat Untuk Memulihkan Akun Google yang Terhapus

Bagi pengguna yang tidak telah melakukan penghapusan akun secara permanen, masih bisa untuk melakukan pemulihan akun tersebut. Hanya saja ada beberapa perhatian khusus yang perlu dipenuhi oleh pemilik akun supaya berhasil untuk mengembalikan akunnya.

Diantaranya adalah pengguna dapat memulihkan akun sampai dengan 20 hari setelah melakukan penghapusan. Apabila telah melewati 20 hari dari terhapusnya akun, maka pemulihan tidak dapat dilakukan. Selain itu, mengingat alamat email yang akan dipulihkan.

Cara Memulihkan Akun yang Terhapus

Setelah mengetahui syaratnya, pengguna bisa melakukan pemulihan akun dengan 2 cara yang berbeda. Pilihan pertama dengan nomor pemulihan, dan pilihan kedua melalui email pemulihan. Berikut masing-masing tahapan untuk kedua cara tersebut:

1.  Melalui Nomor Pemulihan

Salah satu untuk melakukan pemulihan akun Google yang terhapus permanen adalah menggunakan nomor pemulihan atau biasa dikenal dengan number recovery. Cara ini bisa membantu pengguna untuk mengembalikan akun yang sudah terhapus.

Beberapa langkah memulihkan akun Google dengan nomor pemulihan yang bisa diikuti, yakni:

  • Bukalah browser di komputer masing-masing dan buka situs laman masuk ke Gmail.
  • Selanjutnya, ketik alamat email yang ingin dipulihkan di kolom yang sudah disediakan dan tekan “Next”.
  • Untuk kolom “Kata Sandi” silakan diabaikan dan tekan “Coba Pertanyaan Lain”.
  • Kemudian, pengguna isi nomor telepon pemulihan yang dulu pernah didaftarkan di kolom tersebut. Tekan “Send Message” setelahnya.
  • Harap tunggu beberapa saat sampai mendapatkan pesan yang berisikan kode verifikasi di nomor yang sudah dimasukkan sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan nomor tersebut masih aktif digunakan.
  • Apabila sudah mendapatkan kode verifikasi, pindahkan kode tersebut ke kolom yang ada di layar komputer. Tekan “Next” untuk di proses oleh sistem.
  • Jika sudah selesai prosesnya, pengguna sudah dapat kembali masuk ke email akun tersebut.

2. Memanfaatkan Email Pemulihan

Cara selanjutnya melakukan pemulihan akun Google yang terhapus permanen yakni menggunakan email pemulihan. Email pemulihan yang digunakan saat melakukan pendaftaran di awal. Oleh karenanya, pastikan mengingat email recovery masing-masing.

Berikut adalah tahapan untuk memulihkan akun Google menggunakan recovery email:

  • Langkah pertama, buka browser di komputer dan silakan buat “memulihkan akun google” di kolom pencarian Google.
  • Kemudian, tekan opsi “memulihkan akun Google yang baru-baru ini” dan ikuti arahan berikutnya.
  • Pengguna akan diminta masukkan alamat email yang mau dipulihkan. Kemudian tekan opsi “Next” untuk lanjut ke tahap berikutnya.
  • Lalu, pilihlah opsi “Try Another Way” pada layar komputer.
  • Silakan isi alamat email pemulihan yang dimasukkan saat melakukan pendaftaran akun. Setelahnya tekan “Send”.
  • Pengguna akan dikirimkan kode verifikasi melalui email pemulihan tersebut. Oleh karena itu, pastikan email tersebut aktif dan tahu passwordnya.
  • Jika sudah menerima kodenya, silakan pindahkan kode tersebut ke kolom yang sudah disediakan. Lanjutkan dengan menekan opsi “Next”.
  • Pengguna akan diarahkan ke halaman berikutnya dan diharapkan untuk membuat kata sandi yang baru. Silakan tentukan kata sandi sesuai dengan arahan yang diminta.
  • Kemudian, tekanlah opsi “Change Password” untuk menyelesaikannya.
  • Pengguna sudah bisa mengakses kembali akun Google yang terhapus sebelumnya.

Itulah cara pemulihan akun Google yang terhapus permanen dengan 2 cara yang berbeda. Pengguna bisa memilih dengan nomor pemulihan atau email pemulihan. Pastikan tidak lebih dari 20 hari dari waktu terhapusnya akun tersebut.

Bagikan:

Tags