Pelajari Alasan Kenapa Google Form Tidak Bisa Dibuka

Indara Kurniawan

pelajari kenapa google form tidak bisa dibuka

PlasaMsn.com – Kenapa google form tidak bisa dibuka? Jawabannya bermacam-macam. Karena cukup banyak alasan yang menjadi penyebab google formulir ini tidak bisa dibuka. Masalah ini sering terjadi hingga menimbulkan kekhawatiran bagi pengguna.

Google Form disebut juga Google formulir merupakan layanan Google yang mempermudah pembuatan kuesioner online. Layanan ini terhubung langsung dengan Google Drive. Beberapa fitur yang tersedia diantaranya adalah pilihan ganda, isian, check box, dan banyak lagi.

Alasan Kenapa Google Form Tidak Bisa Dibuka

Dengan mengetahui penyebab Google form tidak bisa dibuka, tentu penanganan bisa cepat dilakukan. Penyebabnya sendiri beragam. Kemungkinan besar penyebab link tidak bisa dibuka yang sering terjadi di antara lain:

1. Tidak Memiliki Izin Akses

Pembuat Google Form memiliki hak untuk mengatur siapa yang bisa mengakses formulir yang dibagikan. Secara publik maupun privat dengan orang tertentu. Saat akses tidak diberikan secara publik, maka tentu harus memiliki izin akses dari pembuat.

Izin akses ini bermanfaat agar tidak sembarangan orang bisa menyebarkan formulir. Bisa juga untuk memperkecil adanya kecurangan dalam mengisi kuesioner. Ini bisa menjadi keamanan ganda bagi pembuat yang tidak ingin kecolongan.

2. Habisnya Batas Akses Form

Tidak hanya bisa mengatur siapa yang bisa melihat formulir, membuat Form tersebut bisa juga mengatur batas akses. Batasan waktu yang ditentukan bisa diterapkan pada Google Form untuk pengumpulan kuesioner.

Hal ini sangat berguna untuk formulir yang harus dikumpulkan tepat pada suatu waktu. Link formulir akan secara otomatis tertutup setelah melewati batas waktu yang telah ditentukan.

3. Terjadi Masalah pada Browser

Sebab lainnya Google Form tidak bisa dibuka adalah karena terjadi masalah pada browser yang dipakai. Kemungkinan karena versi browser yang digunakan terlalu lawas dan perlu melakukan pembaruan.

Atau masalah umum lain yang biasa terjadi karena banyaknya cache yang menggunung dari browser. Terlalu banyak aksi atau tab yang dibuka bisa juga mempengaruhi kinerja browser. Lebih baik buka satu tab utama terlebih dahulu.

Cara Menyelesaikan Masalah Google Form Tidak Bisa Dibuka

Penyelesaian permasalahan Form tidak bisa dibuka cukup mudah. Pengguna sendiri bisa mengatasi masalah tersebut. Tidak perlu memakai tenaga ahli. Cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Hapus segala macam file cache, riwayat, dan sampah di browser. Setiap menggunakan browser, usahakan hapus semua sampah bekas penelusuran yang dapat memperlambat kinerja browser. Hal ini akan mempercepat kinerja browser.
  • Pastikan memiliki akses Google Form. Konfirmasi kepada pihak terkait untuk mendapatkan izin akses Form. Jika akses dijadikan privat maka tentu saja pembuat ingin melindungi Form buatannya.
  • Perbarui browser yang dimiliki. Terlalu lawas versi browser tentunya akan membuat browser berkinerja buruk. Fitur-fitur terbaru yang seharusnya dimiliki belum dimiliki oleh gadget pengguna, hal ini membuat browser tidak bisa membuka Google Form.
  • Pastikan link masih berlaku. Karena bisa saja Google Form yang dibagikan memiliki batas waktu yang telah ditentukan. Jadi, pastikan dengan benar jika link masih dalam masa bisa diakses.
  • Pastikan akun Google yang digunakan sesuai. Jangan sampai salah memakai akun yang akan mengakses Form. Terutama akun yang telah diberi izin mengakses Google Form.

Itulah alasan kenapa Google Form tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. Pastikan dengan baik semua pencegahan kemungkinan permasalahan yang ditimbulkan. Periksa ulang selalu browser serta izin dan waktu akses Form.

 

Bagikan: