Pentingnya Menggunakan Google Spreadsheet yang Simpel

Elvin Mustika

cara menggunakan google spreadsheet

PlasaMsn.com – Mengolah data baik berupa data pekerjaan atau pribadi, lebih mudah menggunakan sistem. Sebab dibutuhkan ketelitian untuk menjadikannya data yang tersusun rapih. Di sini pentingnya mengetahui cara menggunakan google spreadsheet bagi setiap orang.

Dengan kemajuan teknologi jug, kini semua sudah serba praktis dan tidak perlu ribet. Google sebagai perusahaan data terbesar, dapat membantu mewujudkannya. Yaitu dengan menggunakan spreadsheet yang bisa mengelola, mengolah hingga menyajikan data.

Mengapa Harus Memutuskan Menggunakan Google Spreadsheet?

Google menciptakan sistem yang dirancang untuk membantu seluruh pengguna. Salah satunya dengan kehadiran spreadsheet seperti yang sudah banyak dijumpai. Pengguna tidak perlu mengeluarkan kocek saat hendak menggunakannya.

Sebab setiap yang sudah terdaftar dengan akun pribadi, dapat menggunakan fasilitas aplikasinya. Bagi pemula juga tidak perlu khawatir kebingungan, karena tampilannya sangat familiar. Ingin tahu lebih lanjut alasannya? Simak lebih lengkapnya di bawah ini :

1. Pengguna Dapat Berkolaborasi Dimana Saja

Berhubungan dengan data, biasanya ada hal yang harus dikomparasikan di dalamnya. Entah dengan rekan satu tim, atau di luar tim sendiri sebagai pemilik data. Hal ini dapat dilakukan secara online dari mana saja, sebab sudah terhubung secara online.

2. Terhubung Secara Otomatis dengan Produk Aplikasi Google Lain

Tidak jarang saat sedang membuat Analisa data, pengguna harus membagikan file ke aplikasi lain. Tenang saja, dalam hal ini spreadsheet sudah didukung akan hal tersebut, sehingga pengguna tinggal membagikan sesukanya file yang ingin dibagikan.

3. Dapat Melihat Insight dengan Cepat

Fungsinya membuat analisa data, atau pengolahan data biasanya untuk melihat satu kesimpulan yang signifikan.  Hal ini sering dilakukan oleh para pebisnis, untuk melihat seberapa besar perkembangan bisnis mereka. Otomatis dibutuhkan insight supaya bisa menganalisa dan melihat hasil yang diinginkan.

Tidak perlu berlama – lama, dengan menggunakan google spreadsheet pengguna dapat melihat hasilnya dengan cepat. Hasilnya pun akan disajikan dan mudah untuk dipahami langsung. Jadi tidak perlu lagi melakukan Analisa, atau membedah kembali hasil insight yang dihasilkan tadi.

Begini Cara Menggunakan Google Spreadsheet dari Mulai Membuatnya!

Setelah membaca beberapa kelebihan dan manfaat spreadsheet. Kali ini tinggal mengetahui cara menggunakan google spreadsheet dan cara membuatnya.  Aplikasi satu ini memiliki fungsi yang sangat banyak, terlebih bagi workaholic dengan mobilitas tinggi.

Tapi sebelum menuju kesana, alangkah lebih baik diawali dengan tahu penggunaannya bukan? Nah artikel kali ini, akan sedikit mengulas mengenai hal tersebut. Sehingga pengguna tidak terlihat gaptek ketika baru memulainya, sekali pun pengguna baru.

  • Membuat google sheet dengan mengakses sheets.google.com, biasanya pengguna harus memiliki account google terlebih dahulu. Jika belum mempunyai, sebaiknya daftarkan diri terlebih dulu, agar bisa menggunakan fasilitasnya.
  • Tekan tombol blank, atau biasanya tombol dengan icon “+” yang ada di bagian atas.
  • Dalam bagian ini juga terdapat tombol edit dan format, fungsinya untuk mengisi dan mengedit kolom kosong yang ada.
  • Jika spreadsheet sudah selesai diisi, file tersebut dapat disimpan, dibagikan, bahkan dicetak secara langsung jika membutuhkannya. Saat disimpan, nantinya pengguna dapat menemukan filenya di google drive secara otomatis.
  • File yang sudah dibuat tadi, dapat dibuka kembali kapan saja dibutuhkan baik secara online maupun offline.

Itulah ulasan singkat mengenai cara menggunakan google spreadsheet yang dapat dicoba. Bisa dipastikan hanya dalam satu kali membaca, pengguna sudah bisa lancar menggunakannya, sehingga dengan begitu pekerjaan dapat jadi lebih mudah dan terbantu, khususnya soal analisis data.

Bagikan: