Wajib Tahu! Cara Membersihkan Google Drive yang Kepenuhan Memori

Indara Kurniawan

Cara membersihkan google drive

PlasaMSN.com – Memori Google Drive penuh? Jangan khawatir, ada cara membersihkan Google Drive yang simpel dan cepat untuk dilakukan. Terkadang juga bingung apa penyebab memori pada Google Drive bisa penuh dengan cepat. Mari cari tahu jawabannya pada penjelasannya.

Cara Membersihkan Memori Google Drive

Hal pertama yang dibutuhkan banyak orang adalah cara membersihkan Google Drive. Masih banyak yang kurang peka dengan hal sepele seperti ini karena sebagian memang jarang membuka E-Mail. Tanpa diketahui sudah penuh saja memori Google Drive nya. Mari simak caranya berikut:

  • Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan mengecek file yang paling yang besar penyimpanannya. Untuk melihat besar penyimpanan, buka melalui laptop ataupun PC.
  • Masuk ke G-Mail melalui laptop. Jika sudah terbuka, silakan cek semuanya. Klik titik tiga yang terdapat pada pojok kanan untuk pengecekan. Ada banyak pilihan menu opsi, pilihlah “Drive”.
  • Jika sudah masuk ke file Drive tersebut, silakan scroll untuk mencari file dengan penyimpanan besar. Yang sering lupa, banyak download film dengan Drive, dan file tersebut tersimpan otomatis disana.
  • Hapus file-file berisi film atau video yang tersimpan di Drive. Caranya yaitu klik icon titik tiga pada salah satu file. Lalu klik Trash/Sampah.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus E-Mail masuk yang sudah menumpuk terlalu banyak. Bisa di cek pada menu opsi Kotak Masuk.
  • Jika ingin menghapus sekali banyak dengan cara sortir, klik saja kolom kosong pada pesan masuk tersebut. Lalu jika sudah, klik saja icon sampah/trash yang terletak diatas antara pesan masuk.
  • Lalu pesan yang ditunda, maupun draft juga harus dihapus karena menjadi penyebab memori Google Drive penuh.
  • Langkah terakhir adalah, setelah semuanya selesai dibersihkan saatnya pembersihan total pada pembuangan. Caranya klik icon titik tiga persegi tersebut. Selanjutnya klik Drive.
  • Pada sebelah kiri paling bawah, ada terdapat icon tong sampah. Nah, disana semua yang tadi telah dihapus tersebut terkumpul di satu tempat.
  • Klik tombol tersebut. Lalu ada tertera Kosongkan Sampah. Klik tulisan tersebut. Dan akan langsung di proses penghapusan total secara permanen. Klik Hapus Selamanya.

Penyebab Memori Google Drive Kepenuhan

Kini sudah mengetahui cara membersihkan Google Drive yang sudah kepenuhan. Selanjutnya adalah membahas penyebab penyimpanan Google Drive menjadi cepat penuh. Setelah mengetahui hal ini, segera cek Drive masing-masing. Mari ketahui, simak dan terapkan hal berikut:

1. Drive yang Kepenuhan

Penyebab pertama yang tanpa disadari penyimpanan pada Google Drive adalah folder pada Drive yang sudah kepenuhan. Karena banyak yang menyambungkan galeri atau menaruh file penting di Smartphone ke Google Drive. Untuk penjagaan jika Smartphone mengalami kerusakan.

Hal tersebut memang benar dan penting tetapi ini yang buat terlupa dan orang-orang terlena. Kapasitas pada Google Drive hanya 15GB untuk yang gratisnya. Jika memang ingin menyimpan data lebih banyak lagi, bisa beli secara premium agar kapasitas penyimpanan lebih besar.

2. Terdapat Aplikasi Tersembunyi

Ternyata aplikasi tersembunyi juga turut menjadi penyebab penuhnya Google Drive. Sudah menghapus di Drive dan pesan masuk tetapi masih penuh? Dipastikan ini ada cache tersembunyi yang perlu diselidiki.

Memang untuk proses cara membersihkan Google Drive pada aplikasi tersembunyi belum dijelaskan. Karena hal ini jarang diperhatikan orang-orang. Hal ini hanya berlaku untuk E-Mail yang tersambung ke aplikasi Play Store.

Cara pembersihannya simpel, cukup masuk ke Google Drive dan klik menu opsi Pengaturan. Lalu pilihlah “Kelola Aplikasi”, jika ada tertera jumlahnya maka dipastikan ada data tersembunyi. Menghapusnya yaitu hanya perlu klik “Hapus Data Aplikasi Tersembunyi” yang ada pada “Opsi”.

Demikian, itulah tadi beberapa cara membersihkan Google Drive yang sudah penuh dengan file-file. Kini memori pada Google Drive tidak kepenuhan lagi dan sudah bersih dari sampah yang sudah menumpuk.

Bagikan: