Aktifkan WhatsApp Web, Chat Bisa Dilakukan di PC!

Indara Kurniawan

Aktifkan Whatsapp Web, Chat Bisa Dilakukan di PC

PlasaMSN.com – Semenjak kemunculan WhatsApp Web, banyak orang merasa dimudahkan ketika dirinya ingin melakukan chatting dengan menggunakan PC atau laptopnya. Jadi, penggunaannya tidak perlu bolak-balik membuka ponselnya ketika sedang dicas baterai.

Bahkan terdapat dua pilihan yang bisa pilih pengguna ketika menggunakan layanan ini. Pengguna WhatsApp bisa membuka platform chatting tersebut dari web browser langsung atau mengunduh aplikasi di dalam perangkat komputernya masing-masing.

Saat Anda ingin mengirimkan file kepada teman, di mana file tersebut tersimpan di dalam komputer, tidak perlu melalui perangkat ponsel lagi. Jadi, pengguna bisa langsung mengirimkan file tersebut langsung ke dalam WhatsApp Web tersebut.

Seperti yang Anda ketahui bahwa sampai saat ini WhatsApp menjadi jejaring sosial paling populer di kalangan masyarakat. Bahkan pengguna WhatsApp sendiri bukan berasal dari orang-orang lokal saja, para pengguna dari luar negeri juga menggunakannya.

Sedangkan untuk bisa menghubungi orang-orang yang berada di luar negeri tidak dikenakan biaya tambahan seperti halnya melakukan panggilan melalui telepon langsung ke luar negeri. Tarif WhatsApp tetap sama seperti halnya melakukan chatting ke orang-orang lokal.

Semenjak WhatsApp banyak digunakan oleh masyarakat, terdapat fitur-fitur menarik di dalamnya. Hal tersebut membuat seseorang bisa mengekspresikan segala sesuai serta berkomunikasi secara bebas kepada pengguna lainnya.

Di tambah lagi WhatsApp bisa langsung dihubungkan ke dalam komputer, sehingga ketika ponsel rusak, Anda tetap bisa menggunakan jejaring sosial tersebut. Asalkan WhatsApp ponsel sudah pernah terhubung sebelumnya.

Apa Saja Keunggulan WhatsApp Web?

Kalau dilihat dari tingkat kepraktisan dalam menjalani komunikasi kepada orang lain tanpa ada kepentingan tertentu, pastinya menggunakan ponsel jauh lebih baik. Akan tetapi, WhatsApp tidak hanya digunakan untuk itu saja.

Misalnya saja dalam urusan pekerjaan, WhatsApp sering kali dijadikan platform praktis untuk mengirimkan data tertentu seperti file dokumen, foto, dan lain sebagainya. Akan tetapi, beberapa file tersebut terkadang masih tersimpan di komputer.

Dengan keberadaan aplikasi tersebut, para pengguna tidak perlu lagi melakukan pekerjaan sampai dua kali seperti sebelumnya. Dengan mengandalkan platform ini, maka file tersebut bisa langsung dikirim ke pengguna WhatsApp lainnya secara langsung.

Kalau dilihat dari beberapa keunggulannya sendiri tentu sangat banyak. Salah satu keunggulan penggunaan WhatsApp Web yaitu memudahkan pengguna meningkatkan produktivitas kerja, sehingga proses pengiriman bisa lebih cepat.

Sangat cocok bagi WhatsApp ini digunakan mereka yang kerap berhubungan dengan klien, di mana komputer menjadi perangkat kerjanya. Jadi, Anda bisa melakukan komunikasi langsung sembari mengerjakan tugas menggunakan perangkat komputer tersebut.

Tidak perlu terlalu sering update, di mana sebuah aplikasi mengharuskan penggunaannya melakukan update. Sedangkan dengan melakukan update ke ponsel akan memakan kapasitas memori lebih pada ponsel yang digunakan.

Berbeda ketika aplikasi ini dijalankan melalui web browser karena tidak ada update harus dilakukan penggunaannya. Kalau untuk updatingnya sendiri, pengguna tetap akan mendapatkan update tersebut meskipun memanfaatkan web WhatsApp.

Ragam Fitur dari WhatsApp Web

Ternyata ketika Anda menggunakan WhatsApp versi web dapat menggunakan beberapa ragam fitur tersembunyi di dalamnya. Beberapa fitur tersebut dapat memudah para pengguna, sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

  1. Membaca Pesan Tanpa Diketahui

Salah satu fitur yang seringkali digunakan oleh para pengguna ketika menggunakan WhatsApp ini yaitu membaca pesan orang lain tanpa diketahui pengguna lain. Tentunya hal ini dapat menjaga privasi Anda ketika sedangkan tidak berkomunikasi.

Sedangkan rasa penasaran seseorang tidak bisa dihentikan begitu saja, sehingga dirinya memutuskan untuk menggunakan fitur ini. Untuk cara yang dilakukan oleh pengguna sebenarnya sangat mudah.

Anda hanya perlu membukan aplikasi ini bersamaan dengan aplikasi notepad dan jendela lain. Dalam prosesnya, Anda hanya perlu membuka chat tersebut melalui cara membuka pesan melalui latar belakang.

  1. Menggunakan Banyak Akun

Hal lain yang kerap dimanfaatkan oleh pengguna WhatsApp Web yaitu dapat menggunakan akun secara berganda hanya dengan satu perangkat komputer. Biasanya, hal ini sering digunakan mereka yang bekerja sebagai admin perusahaan tertentu.

Sedangkan untuk penautan perangkat yang digunakan tersebut, Anda juga membutuhkan beberapa perangkan ponsel untuk ditautkan. Hanya saja, komputer yang digunakan hanya perlu menggunakan satu perangkat saja.

  1. Dapat Mengatur Video dan Volumenya

Ketika Anda memutar video melalui WhatsApp di ponsel, Anda tentunya terbatas ketika ingin mengatur langsung video tersebut. Sedangkan dengan penggunakan WhatsApp versi web, maka pengaturan tersebut dapat dilakukan secara mudah seperti kecepatan dan volume.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Desktop

Seringkali seseorang merasa kurang praktis apabila menggunakan WhatsApp jenis web ini dibuka melalui web browser. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya dengan cara lain, namun tetap dibuka hanya dengan memanfaatkan komputer atau laptop saja.

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin menggunakan WhatsApp Web, sehingga dapat digunakan langsung melalui desktop yaitu mengunduhnya terlebih dahulu. Link download dari aplikasi ini sangat mudah ditemukan.
  2. Anda hanya perlu membuka WhatsApp versi web tersebut, maka nantinya dari sana tersedia link penguduhan. Apabila Anda sudah melihatnya, maka langsung saja unduh aplikasi, sehingga nantinya segera terpasang di dalam desktop Anda.
  3. Untuk langkah berikutnya ketika ingin menggunakan aplikasi ini langsung dari desktop, yaitu Anda bisa membuka dan mencoba menautkan perangkat. Perangkat tersebut harus ditautkan dengan aplikasi yang terdapat di ponsel.
  4. Proses penautan yang dilakukan yaitu, Anda hanya perlu mengarahkan kamera ponsel ke dalam barcode di dalam WhatsApp di desktop komputer. Dalam hal ini, Anda hanya perlu proses tersebut selesai, sehingga nantinya bisa digunakan.

Sebenarnya proses di dalam tahap ini, tidak memakan banyak waktu. Selama jaringan internet atau sinyal internetnya stabil, maka proses bisa segera selesai. Pastikan bahwa jaringan internet Anda sedangkan dalam keadaan baik.

Tentunya saja proses yang dilakukan dalam menggunakan WhatsApp melalui komputer atau web tidak seperti saat menggunakannya di ponsel. Jadi, para pengguna tidak perlu membuat formulir saat ingin menggunakan WhatsApp versi web tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Web Langsung dan Saat Dipasang di Desktop

Banyak orang yang ingin menggunakan WhatsApp versi ini kerap menanyakan baik mana antara WhatsApp dipasang di desktop atau dibuka melalui web browser secara langsung. Sebenarnya, kedua-duanya memiliki keunggulannya masing-masing.

Salah satu keunggulan yang bisa dirasakan oleh pengguna saat menggunakan web browser dalam penggunaan WhatsApp Web yaitu tidak perlu menyiapkan ruang. Jadi, Anda bisa langsung menggunakannya meskipun PC tersebut terlihat penuh.

Sedangkan kekurangan yang dirasakan pengguna ketika menggunakan WhatsApp langsung melalui web browser yaitu membutuhkan sinyal stabil. Apabila sinyalnya kurang stabil, maka Anda pasti terkendala ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Kalau dilihat dari kelebihan penggunaan WhatsApp melalui desktop langsung, yaitu untuk jaringan sinyalnya tidak terlalu berpengaruh meskipun kurang stabil. Jadi, selama sinyalnya cukup besar, maka aplikasi ini tetap bisa digunakan pengguna.

Akan tetapi, setiap aplikasi pasti membutuhkan ruang ketika diinstall, begitu juga dengan WhatsApp versi ini. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ukuran dari aplikasi ini sebenarnya tidak besar sama sekali.

Anda bebas menggunakan versi manapun sesuai keinginan, pastinya sebelum menggunakannya pastikan sudah memiliki akunnya terlebih dahulu. Tentunya, Anda bisa memanfaatkan WhatsApp Web tersebut secara leluasa.

Bagikan: