Cek Resi Shopee Express Mudah dan Sesuai Standar

Ahmad Sutardjo

Cek Resi Shopee Express Mudah dan Sesuai Standar
Cek Resi Shopee Express Mudah dan Sesuai Standar

Jika Anda ingin cek resi Shopee Express untuk mengetahui letak paket sekarang di mana, kini dapat dilakukan dengan mudah. Pengiriman Shopee Express itu sesuai dengan standar sehingga mudah saja dilacak oleh sistem.

Berkembangnya perusahaan e-commerce seperti shopee dengan ribuan penjual yang ada di dalamnya, kini Shopee akhirnya membuat jasa pengiriman sendiri. Nama jasa pengirimannya adalah Shopee Express yang dijamin ongkos kirimnya begitu murah.

Tenang saja, keberadaan paket milik Anda akan selalu bisa ditracking jika menggunakan sistem cek resi. Bagaimana cara melakukannya? Berikut akan kami tunjukkan informasinya lebih detail lagi.

Sejarah Singkat Tentang Shopee Express

Sebelum kami beritahu langkah-langkah untuk cek resi Shopee Express, ada baiknya mengetahui dulu sejarah singkat tentang jasa pengiriman ini.

Biasanya jika kita belanja online di e-commerce lainnya, e-commerce akan bekerjasama dengan jasa pengiriman lainnya. Tapi berbeda dengan Shopee, kini sudah memiliki jasa pengiriman sendiri bernama Shopee Express.

Ini bermula dari tahun 2018, di mana perusahaan e-commerce bernama Shopee sebagai perusahaan induk, mencetuskan ide berdasarkan inventory management yang diberi nama service by Shopee.

Inovasi yang sudah tercetuskan itu memberikan solusi pada bagian logistik. Kemudian, pada tahun 2019 mulailah diubah namanya menjadi Shopee Express (SPX. Untuk sekarang diberi nama Shopee Xpress.

Dengan berdirinya Shopee Xpress memang memberikan banyak keuntungan antara penjual dan pembeli. Sebab, proses pengirimannya cepat, serta cek resi Shopee Express juga begitu mudah.

Tapi Anda juga harus tahu bahwa tidak semua penjual bisa menikmati layanan Shopee Xpress, sebab hanya penjual terpilih saja yang bisa menggunakannya.

Misalnya penjual dengan status star seller, banyak followersnya, memiliki daftar riwayat bagus dan telah memiliki omset banyak di penjualannya.

Jadi, jika Anda memiliki toko yang telah memenuhi syarat untuk bisa menggunakan jasa pengiriman Shopee Xpress, manfaatkan saja layanannya. Dengan begitu, pembeli akan puas berbelanja di toko Anda.

Jenis Layanan yang Ada di Shopee Express

Sama seperti perusahaan ekspedisi lainnya, Shopee Xpress juga memiliki layanan yang membuat pelanggan puas menggunakan jasanya. Selain cek resi Shopee Express cukup mudah, jenis pelayanannya juga cukup beragam.

Untuk yang pertama ada pelayanan pengiriman standar. Ini merupakan jasa pengiriman barang yang memiliki estimasi waktu 2-3 hari hingga sampai ke tangan penerima.

Biasanya memang layanan standar ini terbilang cukup murah dan pembeli tidak perlu membayar ongkos kirim. Semua telah ditanggung oleh voucher gratis ongkir dari Shopee.

Kedua ada layanan Sameday. Sesuai dengan namanya, pada hari itu juga Anda bisa menerima paket tersebut. Atau 6 jam setelah paketnya diterima oleh kurir. Untuk layanan Sameday memang tidak bisa menyeluruh.

Hanya untuk pembeli yang lokasinya dekat dengan penjualnya atau masih dalam satu kota. Untuk biaya pengantaran sendiri, bisa saja gratis ketika Anda berbelanja dengan batas nominal tertentu di Shopee.

Layanan ketiga ada Instan. Layanan ini lebih cepat dari jenis same day karena paket bisa langsung dikirim ke penerima dalam kurun waktu 3 jam setelah paket ada pada kurir.

Ketentuannya sama dengan sameday, yaitu lokasi penjual dan pembeli memang dekat. Biaya pengiriman bisa ditentukan berdasarkan syarat ketentuan gratis ongkir di Shopee. Meski Instan, Anda masih bisa cek resi Shopee Express untuk status pengirimannya.

Dan terakhir adalah layanan hemat. Sesuai dengan namanya, memang biaya layanan ini cukup hemat. Hingga masa pengirimannya jauh lebih lama antara 2-14 hari.

Pelanggan yang menggunakan layanan ini memang harus benar-benar bersabar hingga paket tiba. Selama masih bisa dilacak, paket tersebut pasti akan sampai ke rumah Anda.

Cara Mudah Cek Resi Shopee Express

Sudah tahu sejarah dan pelayanan dari Shopee Xpress, bagaimana cara cek resi Shopee Express? Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, memang caranya cukup mudah dan tidak begitu memusingkan.

Tujuan mengecek resi paket Anda adalah untuk mengetahui sudah sampai mana paket tersebut sekarang. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan, kapan paket itu tiba.

Terutama yang menggunakan sistem pembayaran COD (cash on delivery), biasanya sering melakukan pengecekkan resi. Jadi, ketika paket sudah hampir dekat, bisa mempersiapkan uang pembayarannya.

Untuk mengecek resi, Anda bisa menggunakan hp, laptop, atau komputer. Tergantung apa perangkat yang Anda miliki.

  1. Langkah pertama untuk bisa cek resi Shopee Express adalah membuka situs pengecekkan resi di spx.co.id. Ini merupakan website resmi dari jasa ekspedisi ini untuk tracking keberadaan paket.
  2. Kedua, setrelah Anda membuka website itu nantinya akan dihadirkan dengan sebuah kotak. Kotak tersebut bisa diisi dengan nomor resi.
  3. Di mana Anda bisa menemukan nomor resi tersebut? Bisa buka aplikasi Shopee, klik profil dan pilih pengiriman. nanti akan terlihat nomor resi yang ada di bagian atas. Tinggal salin saja.
  4. Ketiga, setelah dipaste, nanti kalian klik search untuk cek resi Shopee Express. Nanti detailnya akan terlihat pada layar.
  5. Detail yang muncul diantaranya adalah nomor resi, tanggal pengiriman, penerima, dan statusnya sekarang berada di mana. Nanti akan ada nama kota yang tertulis pada status tracking resi.

Anda boleh mengecek berkali-kali melalui website. Selain dari website, kalian juga bisa cek status pengirimannya di aplikasi Shopee secara langsung.

Proses Pengiriman Paket dari Awal Hingga Sampai ke Penerima

Bagi Anda yang memang bukan penjual dari Shopee pasti belum tahu bagaimana proses pengiriman paket dari awal hingga sampai pada penerima.

Jadi, bila paket kalian belum juga sampai saat cek resi Shopee Express, jangan marah dulu. Ada banyak alasan kenapa penjual belum mengirimkan barang. Salah satu alasannya adalah overload.

Pembeli di Shopee memiliki 2 pilihan dalam menyerahkan peketnya ke kurir Shopee Xpress. Mereka bisa mengantarkan sendiri ke agen. Atau yang kedua, pick up atau penjemputan paket melalui kurir ke rumah penjual.

Jika paket tersebut sudah berada di tangan kurir, nantinya tidak bisa langsung dikirimkan. Harus mengirimkannya dulu ke first mile hub terdekat dari wilayah penjual.

Lanjut dari firs mile hub itu akan dikirimkan ke pusat gudang sortir Shopee Express. Proses penyortiran ini berguna untuk memisahkan jenis pelayanan dan juga tujuan pengiriman.

Lalu, setelah melalui penyortiran di gudang, maka baru dikirim ke kota tujuan penerima. Biasanya, harus menunggu 1-2 hari hingga sampai ke kota tujuan.

Setelah sampai ke kota tujuan, biasanya tidak langsung dikirim ke alamat penerima. Ada juga dikirim ke area kecamatan terdekat dari alamat penerima.

Barulah jika sudah mendekati alamat penerima, kurir akan langsung mengantarkan paket tersebut ke alamat penerima. Anda pasti akan langsung mendapatkan notifikasi dari Shopee jika kurir sudah akan menuju ke rumah Anda.

Sekarang jangan bingung lagi jika paket Anda belum juga sampai rumah. Langsung saja untuk cek resi Shopee Express dari website atau melalui aplikasi Shopee. Tenang saja, paket Anda akan sampai ke tujuan secara tepat dan aman.

Bagikan: