Mengenal Wahana Wisata Alam Hutan Pinus Mangunan Bantul

Elvin Mustika

Hutan-Pinus-Mangunan-Bantul
Mengenal Wahana Wisata Alam Hutan Pinus Mangunan Bantul

Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam Yogyakarta. Hutan Pinus Mangunan menghadirkan pemandangan yang memukau, dengan hamparan pinus yang menyejukkan mata serta udara yang segar.

Keindahan Alam

Setiap pengunjung yang datang ke Hutan Pinus Mangunan pasti akan terpana dengan keindahan alam yang ada di sana. Dengan memasuki pintu gerbang, para pengunjung akan disambut dengan hamparan pohon pinus yang tinggi menjulang. Tak hanya itu, terdapat pula sebuah bukit kecil yang bisa dijadikan sebagai tempat bersantai sembari menikmati pemandangan indah dari atas ketinggian. Selain itu, Hutan Pinus Mangunan juga memiliki spot-spot foto yang instagramable dan sayang untuk dilewatkan.

Wisata Edukasi

Hutan Pinus Mangunan juga memiliki wahana wisata edukasi, yaitu Taman Pendidikan Lingkungan Hidup (TPLH). Di sana, pengunjung dapat belajar mengenai lingkungan hidup serta cara menjaga kelestariannya. TPLH juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti gedung serbaguna, ruang kelas, dan lapangan olahraga yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di luar kelas.

Fasilitas yang Tersedia

Untuk memudahkan para pengunjung, Hutan Pinus Mangunan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain:

  • Area parkir yang luas
  • Kamar mandi dan toilet
  • Area bermain anak-anak
  • Tempat makan dan minum
  • Area berkemah
  • Penginapan

Dengan adanya fasilitas yang lengkap tersebut, para pengunjung dapat lebih nyaman dan leluasa dalam menikmati keindahan alam di Hutan Pinus Mangunan.

Akses Menuju Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan dapat dijangkau dengan mudah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari pusat kota Yogyakarta, para pengunjung dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau angkot yang menuju ke arah Terminal Giwangan. Setelah itu, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot jurusan Imogiri dan turun di pertigaan Mangunan. Dari sana, pengunjung tinggal berjalan kaki menuju Hutan Pinus Mangunan yang berjarak sekitar 1 km dari pertigaan.

Harga Tiket

Untuk masuk ke area wisata Hutan Pinus Mangunan, pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000,- per orang. Sedangkan untuk tiket masuk Taman Pendidikan Lingkungan Hidup (TPLH), pengunjung akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.000,- per orang.

Kesimpulan

Hutan Pinus Mangunan merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pelancong yang ingin merasakan keindahan alam Yogyakarta. Dengan hamparan pinus yang menyejukkan mata serta udara yang segar, Hutan Pinus Mangunan menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati alam. Selain itu, tersedia pula fasilitas yang lengkap untuk memudahkan para pengunjung. Dengan harga tiket yang terjangkau, Hutan Pinus Mangunan menjadi alternatif wisata yang menarik di Yogyakarta.

Bagikan: