Waspada! ini Pantangan Makan Penderita Penyakit Jantung

Elvin Mustika

Pantangan-Makan-penderita-Penyakit-Jantung
Pantangan Makan penderita Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Untuk mengatasi penyakit jantung, selain mengonsumsi obat-obatan dan menjalani terapi, makanan juga sangat penting untuk diperhatikan. Ada beberapa pantangan makan penyakit jantung yang harus diketahui untuk menjaga kesehatan jantung secara maksimal.

1. Makanan Berlemak

Makanan berlemak harus dihindari oleh penderita penyakit jantung. Lemak jenuh pada makanan, seperti pada daging merah, mentega, dan keju, dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Pilihlah sumber lemak yang sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ada pada ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

2. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah dan memperburuk kondisi jantung. Batasi konsumsi garam dalam makanan dan hindari makanan olahan yang banyak mengandung garam, seperti keripik, kue kering, dan makanan kalengan. Gunakan rempah-rempah alami, seperti bawang putih, merica, dan jahe untuk memberikan rasa pada makanan.

3. Makanan Tinggi Kadar Gula

Makanan tinggi kadar gula dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan memperburuk kondisi jantung. Hindari makanan yang banyak mengandung gula, seperti minuman bersoda, permen, dan makanan olahan yang mengandung sirup jagung tinggi fruktosa. Pilihlah makanan yang mengandung gula alami, seperti buah-buahan segar atau madu.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji sangat tidak sehat untuk jantung karena mengandung lemak jenuh dan garam yang tinggi. Hindari makanan cepat saji dan pilihlah makanan yang sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan daging tanpa lemak. Jika memang harus makan makanan cepat saji, pilihlah menu yang rendah lemak dan garam.

5. Alkohol dan Rokok

Alkohol dan rokok adalah dua faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Hindari mengonsumsi alkohol dan rokok agar jantung tetap sehat. Jika sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut, bantuan medis atau dukungan dari keluarga dan teman dapat membantu.

6. Makanan Olahan

Makanan olahan mengandung bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan yang dapat merusak kesehatan jantung. Hindari makanan olahan dan pilihlah makanan alami yang sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan daging tanpa lemak.

7. Makanan Berkalori Tinggi

Makanan berkalori tinggi dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang dapat memperburuk kondisi jantung. Batasi konsumsi makanan berkalori tinggi, seperti makanan yang digoreng, makanan manis, dan makanan yang mengandung tepung terigu putih. Pilihlah makanan yang rendah kalori dan tinggi serat, seperti sayuran dan buah-buahan.

8. Makanan yang Mengandung Kafein

Kafein pada kopi, teh, dan minuman energi dapat meningkatkan denyut jantung dan memperburuk kondisi jantung. Batasi konsumsi makanan yang mengandung kafein dan pilihlah minuman yang sehat, seperti air putih atau jus buah-buahan segar.

9. Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti kuning telur, hati, dan udang, harus dihindari oleh penderita penyakit jantung. Kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah dan memperburuk kondisi jantung. Pilihlah sumber protein yang sehat, seperti ikan atau kacang-kacangan.

Bagikan: